4 Tools Riset Shopee yang Wajib Kamu Coba, Bikin Penjualan Melejit

Tools Riset Shopee

Tools Riset Shopee – Siapa saja bisa berjualan di marketplace ini. Hal tersebut membuat persaingan di platform tersebut cukup ketat. Maka dari itu, setiap penjual atau seller Shopee membutuhkan tools riset Shopee sebelum mulai jualan. 

Tools tersebut dibutuhkan untuk membantu penjual dalam menentukan produk terbaik yang bisa dijual sekaligus membantu menganalisis kompetisi di platform tersebut. 

Saat ini, sudah banyak tools yang bisa kamu gunakan untuk riset Shopee. Di artikel kali ini, kami akan mengulas seputar tools yang dapat digunakan untuk riset Shopee. Simak penjelasannya sampai akhir. 

Mengenal Shopee

Sebelum membahas lebih jauh tentang tools untuk riset Shopee, tidak ada salahnya jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu Shopee. 

Shopee adalah marketplace yang bisa digunakan untuk jual beli online. Shopee tersedia dalam bentuk website dan aplikasi yang bisa dipasang di berbagai jenis ponsel pintar. 

Siapa saja bisa menggunakan Shopee, baik sebagai pembeli maupun penjual. Jika jualan di Shopee, kamu tidak hanya mendapatkan uang, tapi juga memperoleh keuntungan lain. Berikut beberapa keuntungan jualan di Shopee. 

  • Bisa menggunakan fitur promosi secara gratis. 
  • Memperoleh dukungan penuh dari customer service dan sistem penjual yang dapat kamu akses dengan mudah. 
  • Penjual akan terhubung dengan sistem jasa ekspedisi yang didukung Shopee, sehingga pengiriman produk ke pembeli menjadi lebih mudah dan praktis. 
  • Terdapat panduan, webinar, dan pelatihan gratis untuk penjual. 
  • Berkesempatan mengikuti campaign Shopee seperti Shopping Day. 

Macam-macam Tools Riset Shopee

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa kompetisi di marketplace ini sangat ketat. Maka dari itu, sebagai penjual kamu perlu bantuan tools riset Shopee agar bisa menyusun strategi penjualan dengan optimal. 

Lantas, apa saja tools yang bisa digunakan untuk riset Shopee? Temukan jawabannya di sini. 

1. Google Keyword Planner

Tools Riset Shopee
Sumber: Tokpee

Google Keyword Planner merupakan salah satu tools gratis yang bisa kamu gunakan untuk riset di Shopee. Kamu bisa menggunakan tools ini untuk mencari kata kunci yang tepat. 

Nantinya, kata kunci yang didapatkan dari tools ini bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan toko Shopee kamu. Gunakan kata kunci tersebut pada nama produk yang relevan maupun pada deskripsi produk. 

Sebagai contoh, kamu hendak jualan celana pria. Lalu kamu melakukan riset kata kunci menggunakan Google Keyword Planner. Hasilnya, kata kunci “celana panjang pria” ternyata menduduki posisi pertama sebagai kata kunci yang paling sering dicari. 

Maka, kamu bisa menuliskan kata kunci tersebut pada nama atau deskripsi produk. Tujuannya agar saat ada orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut produk kamu bisa muncul di bagian teratas. 

Dengan tools Google Keyword Planner, kamu juga bisa mencari keyword difficulty hingga keyword yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan performa toko Shopee. 

2. Google Trends

Tools Riset Shopee
Sumber: Tokpee

Selain Google Keyword Planner, tools lainnya yang juga bisa kamu gunakan untuk riset Shopee yaitu Google Trends. 

Berbeda dengan Google Keyword Planner yang digunakan untuk mencari keyword, Google Trends digunakan untuk melihat trending di waktu tertentu. 

Dengan tools ini, kamu bisa mengetahui produk apa saja yang sedang banyak diminati pasar atau produk apa saja yang sedang populer. 

Kamu bisa menyediakan produk yang sedang trend agar toko kamu semakin ramai dan omset penjualan meningkat. 

3. Keyword Shopee Related Search

Tools Riset Shopee
Sumber: Tokpee

Shopee nampaknya menyadari pentingnya riset pasar sebelum mulai berjualan. Hal ini bisa terlihat dari tools riset gratis yang disediakan Shopee. Tools tersebut dikenal dengan nama Shopee Related Search. 

Kamu bisa menggunakan tools ini untuk mencari kunci yang sering dicari di Shopee. Saran kata kunci umumnya muncul ketika kamu mengetik kata kunci utama. 

Contohnya, kamu menuliskan kata kunci utama “tas”. Maka tools riset Shopee tersebut akan memberikan beberapa pilihan kata kunci lain, seperti “tas selempang pria, tas ransel pria, dan lain sebagainya”. 

Dengan menggunakan tools ini, maka kamu bisa mengetahui kata kunci apa yang sering muncul. Kamu bisa menempatkan kata kunci tersebut di nama maupun deskripsi produk. 

4. Tokpee

Tools Riset Shopee

Selain tiga tools di atas, kamu juga bisa menggunakan Tokpee untuk riset Shopee. Tools ini lebih powerfull karena fitur yang tersedia lebih lengkap. 

Tokpee tidak hanya mempunyai satu fitur, tapi tiga fitur utama. Fitur yang ada di Tokpee terdiri atas fitur riset pencarian & kategori, riset toko, dan riset detail produk. 

Fitur riset pencarian & kategori bisa digunakan untuk menemukan ide produk terlaris di Shopee. Jika kamu masih bingung memilih produk yang akan dijual, fitur ini sangat cocok untuk kamu. Hanya dengan sekali search, maka kamu sudah bisa mendapatkan banyak ide jualan yang menguntungkan. 

Fitur Tokpee lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu fitur riset toko. Dengan fitur ini kamu bisa mengintip toko kompetitor. Kamu bisa mengintip produk andalan kompetitor, bahkan bisa melihat omset yang mereka peroleh. 

Selain dua fitur tersebut, kamu juga bisa menggunakan fitur riset detail produk. Fitur ini dapat membantu kamu menemukan varian produk yang paling banyak dicari. Misalnya, kamu jualan hijab, maka kamu bisa menemukan varian hijab seperti apa yang paling banyak dicari pengguna Shopee. 

Semua fitur yang ada di Tokpee bisa kamu gunakan hanya dengan membayar biaya langganan Rp49.999/bulan. Sangat murah bukan? Cek Tokpee.co sekarang juga untuk dapatkan penawaran terbaiknya. 

Cara Menambah Followers Shopee

Selain menggunakan tools riset Shopee, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan performa toko Shopee. 

Cara tersebut yaitu dengan menambahkan jumlah followers atau pengikut toko. Berikut ini beberapa tips menambahkan followers Shopee yang bisa kamu lakukan dengan mudah. 

1. Memberikan Voucher pada Pengikut Baru

Pengguna Shopee pasti merasa senang apabila mendapatkan voucher diskon atau cashback. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai strategi menambah pengikut baru. 

Berikan voucher promo kepada pengikut baru. Dengan demikian, semakin banyak orang yang klik “follow” atau “ikuti” di toko kamu. 

2. Promosi Lewat Sosial Media

Cara menambahkan followers Shopee berikutnya yaitu promosi lewat sosial media. Kamu bisa menggunakan platform sosial media seperti Instagram, Facebook, X, TikTok, bahkan WhatsApp untuk mempromosikan toko Shopee kamu. 

Kamu bisa membuat konten di platform sosial media tersebut yang tujuannya untuk mengenalkan toko Shopee kamu. 

3. Membuat Konten di Shopee Video

Kini Shopee dilengkapi dengan fitur Shopee Video. Kamu bisa mengunggah konten video pendek di Shopee. 

Selain meningkatkan penjualan, membuat konten di Shopee Video juga bisa menambah pengikut toko. Hal ini tentu berdampak sangat baik untuk performa toko kamu. 

4. Mengatur Profil Toko Semenarik Mungkin

Profil toko yang menarik membuat pengguna Shopee tertarik untuk mengikuti toko tersebut. Pastikan toko tersebut lengkap. Deskripsi dibuat menarik dan bersifat persuasif. 

Jangan lupa untuk mengunggah foto produk berkualitas agar pembeli tertarik untuk mengikuti toko kamu dan membeli produk di toko tersebut.

Baca juga:

Please follow and like us:
Scroll to Top