Social

Social Butterfly: Defenisi, Karateristik, dan Tips Berteman

social butterfly

Social butterfly merujuk pada seseorang yang ramah dan aktif dalam berinteraksi sosial dengan orang lain. Mereka memiliki banyak teman dan antusias bertemu dengan orang baru. Mayoritas social butterfly adalah ekstrovert yang mengisi energinya dengan bertemu dan berbicara dengan orang lain. Jika Anda memiliki teman seperti itu, mereka akan sering mengenalkan Anda pada banyak orang. Mereka mudah berteman dengan orang baru dan selalu bersemangat ketika bertemu dengan banyak orang. Apa saja ciri-ciri mereka?

Defenisi Social Butterfly

Social butterfly adalah istilah untuk seseorang yang suka bersosialisasi, ramah, mudah berkenalan dengan orang baru, dan memiliki banyak teman karena dianggap sebagai orang yang karismatik. Mereka biasanya adalah orang yang ekstrovert karena mengisi energinya dengan bersosialisasi dengan orang lain.

Mereka akan senang ketika bertemu dan berinteraksi sosial dengan orang lain, bahkan ketika membahas topik yang tidak dipahami sekalipun. Namun, sulit bagi mereka untuk bersanding dengan introvert karena memiliki preferensi yang berbeda.

Saat ini, istilah “social butterfly” sering digunakan pada aktris, aktor, dan influencer karena menjadi sosok yang ramah-tamah dan mudah berinteraksi dengan pengikut mereka.

Baca juga: Ambivert Adalah: Ciri, Kelebihan, dan Kelebihannya

Karateristik Seorang Social Butterfly

Berikut ini karakteristik Kepribadian seorangSocial Butterfly

Kepribadian Extrovert

Menurut William Chopik, seorang psikolog kepribadian dan sosial, social butterfly biasanya memiliki kepribadian extrovert. Mereka senang bersosialisasi dengan banyak orang dan memiliki jaringan sosial yang luas. Mereka aktif dan cenderung dominan dalam interaksi sosial.

Karismatik

Menurut Asim Shah, seorang profesor di Baylor College of Medicine, social butterfly mudah disukai oleh orang lain karena memiliki daya tarik dan karisma yang membuat orang lain mengagumi mereka. Mereka terampil dalam berinteraksi dan mampu membuat lawan bicara merasa nyaman.

Baca juga: Impulsif Adalah: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Aktif Berbicara

Social butterfly adalah orang yang aktif berbicara dan terampil dalam berinteraksi. Mereka suka memulai obrolan dan mampu membahas topik ringan maupun serius. Meski tidak ahli pada suatu bidang, mereka tidak kesulitan untuk berbicara mengenai topik tersebut.

Namun, meski memiliki banyak teman dan jaringan sosial yang luas, juga menghadapi tantangan dan hambatan dalam kehidupan mereka.

Tips Berteman dengan Seorang Social Butterfly

Jika Anda adalah sosok introvert, dia pasti akan bertanya-tanya bagaimana cara berteman dengan seorang social butterfly, atau bahkan jika pasangannya adalah sosok seperti itu, harus mencari keseimbangan. Namun, jangan khawatir karena berteman atau memiliki pasangan dengan mereka sebenarnya sangat menyenangkan.

Tips utama untuk berteman dengan extrovert adalah dengan tetap menghargai sifat sosial mereka, terutama jika Grameds adalah introvert yang berkebalikan. Cobalah untuk menghargai sifat sosial mereka dan hindari mengatakan hal-hal yang menyakitkan seperti menyebut mereka “sok akrab” atau “sok kenal”. Hal tersebut dapat menyakiti hati mereka dan menjaga jarak denganmu.

Faktanya, sosok extrovert senang beramah tamah dan cepat akrab dengan orang lain. Namun, jika kamu merasa interaksi sosialnya terlalu berlebihan, sampaikanlah dengan jujur. Namun, pastikan kamu menggunakan kata-kata yang baik dan tidak menyakitkan ketika berbicara dengan mereka.

Baca juga: Doa Sholat Dhuha dan Keutamaannya

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, dalam menangani situasi sosial yang melibatkan diri dengan individu yang memiliki sifat ekstrovert atau sosial butterfly, penting untuk menghargai dan memahami kepribadian mereka yang senang beramah-tamah dan cepat akrab dengan orang lain.

Jangan pernah mengatakan perkataan yang menyakitkan atau merendahkan mereka, tetapi jika merasa interaksi sosialnya berlebihan, katakan dengan jujur namun dengan cara yang baik. Dengan demikian, kita bisa membangun hubungan yang harmonis dengan orang yang berbeda kepribadiannya dari kita.

Baca juga: Inferiority Complex: Pengertian, Ciri, dan Cara Mengatasi

Referensi

  1. Olsen Laney, M. (2013). The Hidden Gifts of the Introverted Child: Helping Your Child Thrive in an Extroverted World. Workman Publishing Company.
  2. Parrish, C. (2019). Social Butterfly: Transform Your Life and Personal Brand Through Authentic Social Skills. Mango Media.
  3. Robinson, K. A. (2019). Social Butterfly: How to Confidently Meet, Connect, and Network in Any Setting. Rockridge Press.
  4. Solnit, R. (2016). Men Explain Things to Me. Haymarket Books.
  5. Zara, C. (2018). The Art of Mingling: Fun and Proven Techniques for Mastering Any Room. William Morrow Paperbacks.
Bambang Niko Pasla

An experienced content creator working for The Provincial Government of Jambi