Ide Bisnis untuk Mahasiswa
Business

Ide Bisnis untuk Mahasiswa yang Kreatif dan Tipsnya

Bisnis merupakan salah satu cara untuk menambah penghasilan bagi mahasiswa yang ingin mandiri dan tidak bergantung pada orang tua. Dengan membuka bisnis, mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas serta kecerdasannya dalam berwirausaha. Namun, memilih jenis bisnis yang tepat dan sesuai dengan kemampuan adalah hal yang penting untuk sukses dalam berbisnis.

Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan oleh mahasiswa dengan modal kecil dan memiliki potensi keuntungan yang menjanjikan:

Jasa Les Privat

Banyak mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang akademik yang bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis jasa les privat. Mahasiswa bisa memberikan pelajaran privat untuk siswa SD, SMP, dan SMA dengan biaya yang terjangkau.

Baca juga: Bisnis Thrifting: 7 Cara Memulai dan Jenis-Jenisnya

Jasa Fotografi

Mahasiswa yang memiliki hobi fotografi bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk membuka bisnis jasa fotografi. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar karena banyaknya acara yang membutuhkan jasa fotografi seperti pernikahan, wisuda, atau acara keluarga lainnya.

Jasa Laundry

Bisnis laundry merupakan bisnis yang menjanjikan, karena kebutuhan akan jasa laundry tidak akan pernah sepi. Mahasiswa bisa memanfaatkan ruang kosong di tempat tinggal untuk membuka bisnis laundry dengan mesin cuci yang disewa.

Jualan Online

Bisnis jualan online bisa dilakukan oleh mahasiswa dengan modal kecil dan bisa dilakukan di waktu senggang. Mahasiswa bisa menjual berbagai macam produk seperti baju, aksesoris, makanan, atau minuman.

Jasa Mengetik

Mahasiswa yang memiliki kemampuan mengetik cepat dan akurat bisa membuka bisnis jasa mengetik. Bisnis ini cocok untuk mahasiswa yang memiliki banyak waktu luang dan bisa dilakukan di waktu senggang.

Jasa Desain Grafis

Mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis bisa membuka bisnis jasa desain grafis. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar karena banyaknya permintaan desain grafis untuk keperluan bisnis dan non-bisnis.

Baca juga: Koperasi Simpan Pinjam: Pengertian, dan Fungsinya

Jasa Penulis Konten

Bisnis penulis konten bisa dilakukan oleh mahasiswa yang memiliki kemampuan menulis yang baik dan menguasai beberapa topik tertentu. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar karena banyaknya permintaan artikel untuk website, blog, dan media sosial.

Jasa Editing Video

Mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang editing video bisa membuka bisnis jasa editing video. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar karena banyaknya permintaan editing video untuk keperluan bisnis dan non-bisnis.

Jasa Perbaikan Elektronik

Mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang elektronik bisa membuka bisnis jasa perbaikan elektronik. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar karena banyaknya orang yang membutuhkan jasa perbaikan elektronik seperti televisi, komputer, atau handphone.

Jasa Makeup

Mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang makeup bisa membuka bisnis jasa makeup. Bisnis ini memiliki peluang yang cukup besar karena banyaknya permintaan makeup untuk keperluan acara seperti pernikahan, prom night, atau photoshoot.

Baca juga: Lembaga Sosial: Pengertian, Fungsi, Ciri, Sifat, dan Jenis

Blogger

Salah satu ide bisnis menarik untuk mahasiswa pemula adalah menjadi seorang blogger. Terkadang banyak orang menganggap bahwa menjadi blogger hanya berarti menulis artikel mengenai topik tertentu. Namun, kini blogger telah menjadi salah satu profesi yang sangat diminati karena dapat menghasilkan uang yang cukup menggiurkan.

Lalu, dari mana blogger bisa mendapatkan penghasilan tersebut?

Penghasilan pertama yang bisa didapatkan adalah dari iklan. Iklan menjadi sumber utama penghasilan seorang blogger, yang bisa dipasang pada blog melalui banner dari Google AdSense atau disisipkan langsung pada artikel yang dibuat. Namun, sebelum memasang iklan, pastikan blog Anda sudah teroptimasi dengan baik dan memiliki banyak traffic yang tinggi.

Sumber penghasilan kedua adalah afiliasi atau affiliate marketing. Apa itu afiliasi? Afiliasi adalah program yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan sejumlah uang dengan mempromosikan produk tertentu melalui kode referral. Program ini biasanya ditawarkan oleh perusahaan atau individu. Dengan menjadi afiliasi, blogger bisa memperoleh komisi dari setiap produk yang terjual melalui kode referral yang disematkan pada link yang dibagikan.

Berjualan Sarapan

Anda harus kuliah pagi-pagi buta dan kelaparan setelahnya? Jadikan kesempatan ini sebagai peluang bisnis. Berjualan sarapan dapat menjadi bisnis yang cocok untuk mahasiswa yang rajin dan hobi memasak.

Pulsa dan Paket Data

Meskipun pada era digital ini banyak orang yang membeli pulsa dan paket data melalui e-commerce, namun masih banyak pula yang lebih memilih membeli di counter atau dari perorangan, terutama bagi kalangan orang yang sudah berumur dan kesulitan mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat.

Pemandu Wisata

Apakah Anda memiliki pemahaman tentang sejarah atau kemampuan berbahasa asing? Menawarkan jasa sebagai pemandu wisata dapat menjadi bisnis yang cocok bagi mahasiswa seperti Anda!

Freelance Event Organizer

Bagi Anda yang aktif bergabung sebagai komite dalam acara-acara besar di kampus, peluang bisnis Event Organizer (EO) bisa menjadi alternatif menarik. Ada banyak kesempatan yang dapat diambil, mulai dari mengurus acara ulang tahun, pernikahan, bridal shower, baby shower, konser musik dan lain-lain.

Jika merasa membentuk bisnis EO pribadi terasa sulit, menjadi seorang freelancer di agensi EO bisa menjadi pilihan yang tepat. Dalam kesempatan ini, Anda dapat memperoleh banyak pengalaman mengenai seluk-beluk dunia EO sehingga ketika memiliki modal yang cukup, Anda sudah siap membentuk agensi sendiri.

Networking juga menjadi kunci sukses dalam bisnis EO. Perbanyaklah kenalan dan membangun relasi dengan orang-orang yang memiliki pengalaman di bidang ini. Dengan cara ini, ketika potensi Anda semakin terasah, mereka tidak akan segan untuk merekomendasikan Anda kepada klien-klien baru untuk bisnis mahasiswa yang Anda jalankan.

Jangan lupa untuk membangun tim yang solid dengan mengajak teman dekat atau keluarga yang memiliki ketertarikan yang sama. Teruslah memperluas kreativitas dengan mencari inspirasi dari berbagai sumber seperti Instagram, Facebook, Pinterest, atau media cetak. Dengan begitu, bisnis EO mahasiswa yang Anda jalankan akan semakin berkembang dan sukses.

Afiliasi

Bisnis afiliasi dapat menjadi ide bisnis menarik untuk mahasiswa yang ingin menghasilkan uang secara online. Bagaimana caranya? Anda cukup memasarkan produk atau layanan perusahaan melalui link referral, dan setiap kali ada transaksi yang terjadi, Anda akan mendapatkan komisi.

Proses bisnis afiliasi sendiri cukup sederhana. Pertama-tama, Anda perlu mendaftar ke program afiliasi yang ditawarkan oleh bisnis online atau marketplace. Setelah mendaftar, Anda akan diberikan link referral yang bisa Anda sebarkan di online presence Anda, seperti website, blog, akun media sosial, maupun forum online.

Tentunya, untuk memperoleh penghasilan yang signifikan dari bisnis afiliasi, Anda harus aktif memasarkan produk atau layanan tersebut dan memiliki audience yang cukup besar. Namun, bisnis afiliasi cocok untuk menjadi pekerjaan sampingan bagi mahasiswa karena dapat dilakukan secara online dan beberapa program afiliasi bahkan menawarkan pendaftaran gratis.

Tips Memulai Bisnis untuk Mahasiswa

Memulai bisnis untuk mahasiswa memang tidak mudah, tapi dengan beberapa tips berikut ini, mahasiswa bisa memulai bisnis mereka dengan lebih percaya diri:

Tentukan Bidang Bisnis yang Tepat

Sebelum memulai bisnis, tentukan terlebih dahulu bidang bisnis yang tepat dan sesuai dengan kemampuan. Pilihlah bidang bisnis yang sudah familiar dan memiliki minat yang tinggi agar bisnis bisa berjalan dengan lebih lancar.

Buat Rencana Bisnis

Buatlah rencana bisnis yang detail untuk memudahkan dalam mengelola bisnis. Rencana bisnis harus mencakup target pasar, strategi pemasaran, keuangan, serta perkiraan keuntungan yang akan didapat.

Pilih Nama Bisnis yang Menarik

Pilihlah nama bisnis yang menarik dan mudah diingat oleh konsumen. Nama bisnis juga harus mencerminkan produk atau jasa yang ditawarkan agar lebih mudah dikenal oleh masyarakat.

Gunakan Media Sosial untuk Promosi

Manfaatkan media sosial untuk promosi bisnis. Mahasiswa bisa membuat akun Instagram atau Facebook untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan. Gunakan hashtag yang tepat untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Kelola Keuangan dengan Baik

Kelola keuangan bisnis dengan baik agar bisnis bisa berjalan dengan lancar dan tidak terjebak dalam hutang. Buatlah catatan pengeluaran dan pemasukan dengan rapi agar bisa menghitung keuntungan yang diperoleh.

Tetap Fokus pada Studi

Meskipun sedang menggeluti bisnis, tetaplah fokus pada studi agar tidak terganggu. Pisahkan waktu untuk belajar dan waktu untuk mengelola bisnis agar kedua hal tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Baca juga: Cara Berdagang Online Untuk Beginner dan Expert

Kesimpulan

Bisnis untuk mahasiswa merupakan cara untuk menambah penghasilan dan mengembangkan kemampuan berwirausaha. Dengan memilih bidang bisnis yang tepat dan mengikuti tips memulai bisnis yang baik, mahasiswa bisa memulai bisnis mereka dengan percaya diri. Selain itu, bisnis juga dapat mengajarkan mahasiswa tentang kemandirian, tanggung jawab, dan keberanian untuk mengambil risiko. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mencoba membuka bisnis bagi yang ingin mandiri dan sukses di masa depan.

Referensi

  1. Badan Pusat Statistik. (2021). Mahasiswa dan Lulusan Perguruan Tinggi di Indonesia 2021.
  2. Departemen Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2019). Kewirausahaan Mahasiswa.
  3. Diana, A. (2018). 5 Ide Bisnis Kreatif untuk Mahasiswa. IDN Times.
  4. Kasali, R. (2015). Dari Nol Hingga Sukses: Menjadi Pebisnis Muda. PT Gramedia Pustaka Utama.
  5. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2020). Strategi Nasional Kewirausahaan Mahasiswa (SNKM).
  6. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2020). Pedoman Kewirausahaan Mahasiswa.
  7. The Balance Small Business. (2022). 10 Tips for Starting a Business in College.
  8. Yuliani, S., & Azis, Y. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 73(1), 22-29.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.