Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat
Edu

Bacaan Sholat Dhuha 4 Rakaat: Niat dan Tata Cara

Bacaan Sholat Dhuha 4 rakaat – Sholat Dhuha 4 rakaat berserta niat, tata cara dan doa yang disajikan di bawah ini, layak untuk diperhatikan oleh seluruh umat Muslim. Dengan begitu, umat Islam dapat melaksanakan ibadah sunnah dengan tepat dan sesuai dengan ketentuan syariat. Sholat Dhuha memiliki sejumlah keutamaan, di mana aktiivtas ibadah ini dianggap sebagai bentuk sedekah. Oleh karena itu, sebagian orang meyakini bahwa Sholat Dhuha dapat menjadi sarana untuk memperoleh kelimpahan rezeki.

Pelaksanaan Sholat Dhuha diatur sebagai sunnah muakkad karena sangat ditekankan oleh Rasulullah, Bahkan, dalam suatu riwayat, disebutkan telah memberi wasiat kepada Abu Hurairah RA untuk tetap menjaga pelaksanaan Sholat Dhuha. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, “Kekasihku, Rasulullah SAW telah berwasiat kepadaku dengan puasa tiga hari setiap bulan, serta dua rakaat Dhuha dan witir sebelum tidur,” (HR Bukhari, Muslim, dan Abu Dawud)

Waktu yang tepat untuk memulai Sholat Dhuha adalah 20 menit setelah terbitnya matahari. Penjelasan ini dapat ditemukan dalam sebuah hadis Nabi yang diriwayatkan oleh ‘Amr bin ‘Abasah. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Kerjakanlah sholat subuh kemudian tinggalkanlah sholat hingga matahari terbit, sampai matahari naik. Ketika matahari terbit, ia terbit di antara dua tanduk setan, saat itu orang-orang kafir sedang bersujud (menyembah Matahari).” (HR. Muslim)

Waktu akhir untuk melaksanakan Sholat Dhuha berada 15 menit sebelum masuk waktu Sholat Dhuhr. Namun, waktu yang lebih baik atau lebih utama untuk menunaikan Sholat Dhuha sebenarnya berada pada periode mendekati batas akhir pelaksanaan, yaitu sekitar seperempat siang, di mana kondisi cuaca menjadi semakin panas.

Bacaan Niat Sholat Dhuha 4 Rakaat

Berikut adalah bacaan niat Sholat Dhuha 4 rakaat beserta terjemahannya jika dikerjakan secara sendirian:

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatadh dhuhaa arba’aa roka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi Ta’alaa

Artinya: Aku niat melaksanakan Sholat Sunnah Dhuha empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

Tata Cara SHolat Dhuha 4 Rakaat

Berikut adalah tata cara Sholat Dhuha 4 rakaat.

  1. Mulai dengan membaca niat Sholat Dhuha 4 rakaat, dengan niat 2 rakaat pertama.
  2. Lanjutkan dengan Takbiratul Ihram.
  3. Bacalah doa iftitah.
  4. Baca surat Al Fatihah.
  5. Selanjutnya, bacalah surat pendek, salah satunya surat Ad Dhuha.
  6. Melakukan rukuk.
  7. I’tidal.
  8. Sujud pertama.
  9. Duduk di antara dua sujud.
  10. Sujud kedua.
  11. Ulangi gerakan seperti pada rakaat pertama.
  12. Bacalah surat pendek yang berbeda dengan surat pada rakaat pertama; disarankan surat Asy Syams.
  13. Baca tasyahud akhir.
  14. Lanjutkan dengan membaca salam untuk mengakhiri Sholat Dhuha 2 rakaat pertama.
  15. Bangun kembali untuk melaksanakan Sholat Dhuha 2 rakaat terakhir dengan niat dan urutan gerakan yang sama.

Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha

Doa setelah Sholat Dhuha 4 rakaat sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

“Allaahumma innad dhuhaa’a dhuhaa’uka wal bahaa’a bahaa’uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka wal qudrota qudrotuka wal ‘ismata ‘ismatuka. Allaahumma in kaana rizqii fis samaa’i fa anzilhu wa in kaana fil ardhi fa akhrijhu wa in kaana mu’assiran fa yassirhu wa in kaana ba’iidan fa qorribhu bi haqqi dhuhaa’uka wa bahaa’uka wa jamaaluka wa quwwatika wa qudrotuka aatinii maa aataita ‘ibaadakash sholihin.”

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuhaMu, keagungan adalah keagunganMu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaanMu, Ya Allah. Jika rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, jika berada dalam bumi maka keluarkanlah, jika berada dalam kesukaran mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika jauh dekatkanlah dengan haq dhuhaMu, kekuasaanMu, datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang sholeh.

Demikianlah ulasan tentang tata cara sholat dhuha 4 rakaat beserta niat dan doanya, semoga informasi ini dapata bermanfaat untuk kita semua … Aamiin.

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.