Aplikasi Al-Quran
Edu

12 Aplikasi Al-Quran Terbaik Menyambut Ramadhan

Aplikasi Al-Quran – Bulan suci Ramadan telah tiba, saat yang penuh berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia. Salah satu ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan selama bulan Ramadan adalah membaca Al-Quran. Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, sekarang kita dapat membaca Al-Quran secara digital melalui berbagai aplikasi yang tersedia di Play Store dan App Store.

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan teks Al-Quran digital, tetapi juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan umat Muslim dalam menjalankan ibadah. Fitur-fitur seperti terjemahan, tafsir, audio murottal, jadwal sholat, dan petunjuk arah kiblat menjadi tambahan yang sangat berguna bagi umat Muslim.

Aplikasi Al-Quran Terbaik

Berikut ini beberapa aplikasi Al-Quran terbaik yang dapat menjadi teman setia dalam beribadah dan menghafal Al-Quran.

1. Qur’an Kemenag

Aplikasi Al-Quran Kemenag adalah Al-Quran digital yang dikembangkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia bekerja sama dengan Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an.

Dalam aplikasi ini, tiap ayat Al-Quran ditulis menggunakan Mushaf Standar Indonesia Rasm Usmani. Selain menyediakan bacaan Al-Quran lengkap 30 juz, aplikasi ini juga dilengkapi dengan tafsir ringkas dan tafsir tahlili yang lebih mendalam. Terdapat juga Asbabun Nuzul, yang memberikan pemahaman tentang latar belakang turunnya ayat-ayat tertentu.

Fitur pencarian ayat memungkinkan pengguna untuk mencari dengan menggunakan kata kunci dalam bahasa Indonesia atau bahasa Arab. Aplikasi ini juga menyediakan kalender Hijriyah dan jadwal salat bagi penggunanya.

2. Quran Majeed

Quran Majeed hadir dengan berbagai macam fitur menarik dan canggih agar membuat pengalaman membaca Al-Quran Anda menjadi mudah dan nyaman. Fitur pemberitahuan waktu juga tersedia di aplikasi ini. Jadi Anda dapat mengatur alarm sebagai pengingat waktu sholat. Aplikasi ini juga mempunyai fitur-fitur seperti tersedianya 45 bahasa termasuk Inggris, Indonesia, dan masih banyak lagi, fitur zoom in, opsi audio, menampilkan terjemahan dengan teks arab, dan lokasi wisata halal dan masjid-masjid sekitar lokasi pengguna.

3. Aminin

Aplikasi buatan Bahaso Intermedia Cakrawala, developer yang juga pengembang aplikasi belajar bahasa Bahaso. Aplikasi ini menampilkan surat-surat dalam kartu warna-warni yang membuatnya menjadi lebih mudah dan menarik untuk dibaca. Fitur-fitur tambahan seperti terjemahan dan tafsir, bookmark, penanda ayat, dan fitur membagikan ayat ke media sosial juga tersedia dalam aplikasi ini.

4. Muslim Pro

Muslim pro bukan hanya aplikasi per juz saja karena aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur lain yang membuatnya sangat komprehensif. Aplikasi ini memiliki database restoran halal dan tempat ibadah di sekitar lokasi Anda yang sangat berguna saat Anda sedang berpergian.

5. Al-Quran Digital Indonesia

Aplikasi yang dikembangkan oleh developer asal Indonesia. Aplikasi ini menawarkan fitur Al-Quran lengkap dengan terjemahan dan tafsir. Selain itu, pengguna juga dapat mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran dalam bentuk audio. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan seperti jadwal sholat, petunjuk arah kiblat, dan pengaturan tema yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengguna.

6. Umma

Umma merupakan aplikasi komunitas muslim buatan anak bangsa yang telah dikenal oleh masyarakat luas. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan Al-Quran digital, tetapi juga fitur-fitur islami lainnya seperti jadwal sholat, arah kiblat, dan kelas belajar agama Uclass. Fitur Al-Quran di Umma juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan untuk membantu umat muslim dalam mengaji di bulan Ramadan, seperti terjemahan dalam berbagai bahasa, fitur pencarian surah atau juz yang spesifik, bookmark untuk menandai posisi bacaan terakhir, dan panduan tajwid.

7. Quranku

Aplikasi Al-Quran buatan Indonesia yang mengusung tampilan antarmuka yang simpel dan ringan. Aplikasi ini tidak menampilkan iklan sehingga pengguna dapat membaca Al-Quran dengan lebih fokus. Meskipun sederhana, aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap seperti terjemahan, tafsir, pencarian ayat, bookmark, dan mode malam.

8. Al-Quran (Tafsir & Per Kata)

Aplikasi ini berbahasa Indonesia yang memiliki fitur-fitur menarik seperti tafsir, kode tajwid berwarna, terjemahan kata per kata, dan pilihan tema. Fitur lainnya seperti fitur bacaan teks Al-Quran dan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran juga tersedia dalam aplikasi ini.

9. Quran Best

Quran best merupakan aplikasi yang pembuatnya juga merupakan muslim Indonesia. Aplikasi ini dirancang semirip mungkin dengan Al-Quran cetak asli sehingga lebih nyaman saat dibaca. Fitur Al-Quran yang tersedia juga cukup lengkap, mulai dari terjemahan dan tafsir, pencarian ayat berdasarkan kata kunci, bookmark, mode malam, dan murottal 30 juz dari qori terbaik.

10. Al-Quran Indonesia

Aplikasi ini tersedia untuk diunduh secara gratis di perangkat Android maupun iOS. Dengan fitur terjemahan bahasa Indonesia, memahami arti dari setiap ayat Al-Quran menjadi lebih mudah.

Fitur “Tajwid Warna” membantu pembaca dalam membaca Al-Quran dengan tepat. Pengguna juga dapat mengatur ukuran huruf, baik untuk teks Latin maupun Arab.

Meskipun tanpa sinyal atau kuota internet, aplikasi ini tetap dapat diakses secara offline. Bagi yang sering bepergian, aplikasi ini dapat menjadi panduan untuk jadwal salat dan arah kiblat. Aplikasi ini juga menyediakan bacaan Al-Quran dari qari terkenal seperti Syaikh Hani Ar Rifai, Syaikh Mishary Rashid, Syaikh Fares Abbad, Syaikh Mahmud Khalil Al Hussary, Syaikh Maher Al Muaiqly, Syaikh Saad Al Ghamdi, Syaikh Muhammad Jebril, dan Syaikh Abdul Rahman Al-Sudais.

11. MyQuran

Aplikasi MyQuran juga merupakan produk dari Indonesia, yang pernah mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden Indonesia pada tahun 2016.

Dilengkapi dengan terjemahan bahasa Indonesia, aplikasi ini dapat diunduh secara gratis melalui Google Playstore atau App Store. Meskipun tanpa koneksi internet, pengguna tetap bisa mengakses Al-Quran secara offline melalui aplikasi ini.

Selain memiliki mode tampilan gelap dan terang, pengguna juga dapat mengubah tema warna aplikasi sesuai dengan preferensi, seperti merah, hijau, dan biru. Aplikasi ini juga memiliki fitur alarm yang terintegrasi untuk mengingatkan waktu salat, sehingga pengguna tidak akan ketinggalan waktu untuk beribadah. Dengan fitur MyDoa, pengguna dapat membagikan doa mereka agar didoakan oleh jutaan orang.

12. Quran for Android

Quran for Android merupakan salah satu aplikasi terbaik yang ada di PlayStore. Aplikasi buatan pengembang Quran.com ini menampilkan tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan. Fitur mode malam agar tetap nyaman saat dibaca untuk mengaji di malam hari, terjemahan hingga 20 bahasa, pemutaran audio, bookmark, menandai dan membagikan ayat menjadi fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Dengan berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi Al-Quran tersebut, umat Muslim di seluruh dunia dapat lebih mudah dalam menjalankan ibadah, terutama di bulan suci Ramadan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca dalam memilih aplikasi Al-Quran yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.