Business

7 Cara Bisnis Online Untuk Pemula yang Bisa Anda Coba

cara bisnis online untuk pemula

Cara bisnis online untuk pemula – Bisnis online saat ini menjadi salah satu aktivitas yang sedang populer di kalangan masyarakat luas. Menjalankan bisnis online memiliki potensi penghasilan yang cukup besar sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari seseorang. Oleh karena itu, untuk para pebisnis pemula yang tertarik memulai usaha, penting untuk mengetahui cara memulai bisnis online yang tepat.

Melalui bisnis online, seseorang dapat memanfaatkan potensi internet untuk menjual produk atau jasa secara global, sehingga memungkinkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, bisnis online juga memungkinkan para pebisnis pemula untuk memulai usaha tanpa perlu modal yang besar, karena biaya yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online relatif lebih rendah daripada membuka toko fisik.

Cara Bisnis Online Untuk Pemula

Berikut penjelasan bagaimana cara bisnis online untuk pemula:

Membuat Business Plan

Rencana bisnis atau business plan adalah perencanaan atau langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan bisnis Anda. Biasanya, ada beberapa faktor yang harus direncanakan, seperti:

Deskripsi Bisnis

Berisi deskripsi mendalam tentang bisnis online yang ingin Anda jalankan.

Analisis Pasar

Informasi berbasis penelitian tentang industri dan target pasar seperti produk sejenis, kompetitor, hingga pelanggan yang ingin Anda targetkan.

Baca juga: Tips dan 8 Jenis Jualan Online Yang Laku Setiap Hari

Produk dan Layanan

Berisi deskripsi mengenai produk yang ingin Anda jual, mulai dari bentuk, ukuran, hingga harga.

Rencana Pemasaran

Berisi strategi promosi untuk memperkenalkan bisnis dan produk Anda, seperti menggunakan media sosial, endorsement, dan lain-lain.

Logistik dan Rencana Operasi

Berisi kebutuhan produksi, pemilihan vendor atau supplier yang cocok, dan rencana aktivitas bisnis yang Anda lakukan sehari-hari.

Rencana Keuangan

Berisi rincian angka untuk menunjukkan apa yang Anda butuhkan untuk memulai serta menjalankan bisnis, mulai dari cara mendapatkan modal, biaya produksi, hingga biaya pengiriman barang ke konsumen.

Untuk menjalankan bisnis dengan baik, Anda setidaknya harus memiliki rencana bisnis seperti yang telah disebutkan di atas sebelum benar-benar menjual produk secara online.

Baca juga: Ide Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Berserta Tipsnya

Riset Pasar

Untuk membangun bisnis online yang solid, Anda memerlukan data yang objektif sebagai dasar keputusan yang tepat. Dengan melakukan riset pasar, Anda bisa memperoleh data-data yang objektif tersebut. Dengan begitu, keputusan bisnis yang diambil berdasarkan data, bukan hanya sekadar asumsi atau opini semata.

Riset Kata Kunci atau Keyword

Salah satu cara termudah untuk melakukan riset pasar adalah dengan melakukan riset kata kunci di mesin pencari. Anda perlu mengetahui apa yang dicari orang ketika mencari masalah atau kebutuhan yang Anda ingin solusikan. Dengan begitu, Anda bisa menawarkan solusi yang tepat.

Riset Volume Pencarian dan Lokasi

Selain itu, perlu memeriksa tren pencarian, kata kunci terkait, volume pencarian, dan lokasi pencarian. Anda dapat menggunakan alat bantu riset kata kunci seperti Google Trends, Ubersuggest, Semrush, atau Ahrefs.

Tren di Medsos

Anda juga perlu memeriksa tren di media sosial, karena media sosial adalah tempat di mana orang dapat berbagi pengalaman, termasuk me-review produk atau layanan yang mereka gunakan. Anda bisa mencari kata kunci yang berkaitan dengan masalah atau kebutuhan yang ingin Anda solusikan di kolom pencarian media sosial.

Baca juga: 9 Usaha Online Modal Kecil Wajib Anda Coba

Bergabung di Forum

Selain itu, bisa bergabung ke forum atau grup yang berkaitan dengan produk atau layanan yang ingin Anda tawarkan. Konsumen biasanya membahas produk yang mereka gunakan di forum atau grup tersebut.

Survei

Terakhir, Anda juga bisa membuat survei untuk memperoleh informasi yang lebih rinci dan mendalam mengenai kebutuhan dan masalah calon konsumen. Melalui survei, Anda bisa meminta saran dan masukan dari calon konsumen secara langsung.

Menentukan Jenis Bisnis

Menentukan jenis produk yang akan dijual, apakah itu makanan, pakaian, atau barang elektronik. Dengan mengetahui produk yang ingin dijual, langkah selanjutnya akan lebih mudah untuk ditentukan.

Namun, jika masih bingung untuk menentukan produk apa yang akan dijual, jangan ragu untuk mengembangkan ide-ide yang ada di kepala Anda. Proses ini penting untuk memastikan bahwa bisnis yang dijalankan nantinya dapat menjadi solid.

Salah satu cara untuk menemukan ide-ide bisnis adalah dengan mencari tahu permasalahan yang terjadi di sekitar Anda atau hal yang dialami sendiri. Selain itu, hobimu juga bisa menjadi dasar ide bisnis yang kreatif dan menarik.

Menentukan Target Pelanggan

Dengan mengetahui siapa yang akan membeli produk, Anda dapat dengan lebih mudah membuat produk yang tepat, memberikan pelayanan yang sesuai, serta merancang strategi promosi yang efektif.

Ada beberapa cara untuk menentukan segmentasi pelanggan, di antaranya adalah berdasarkan demografi dan psikografi. Cara ini cukup umum digunakan untuk menentukan target pelanggan. Berikut adalah beberapa pengelompokkan berdasarkan demografi:

  • Usia
  • Gender
  • Pekerjaan
  • Pendapatan

Selain berdasarkan demografi, kamu juga bisa menggunakan psikografi agar segmentasi pelanggan lebih akurat, seperti:

  • Gaya Hidup
  • Status sosial
  • Minat atau hobi

Baca juga: Cara Berjualan Online di Tahun 2023

Buat Website

Website merupakan salah satu identitas penting dalam bisnis online yang tidak bisa diabaikan. Website dianggap sebagai platform paling efektif untuk memulai bisnis online karena memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Menampilkan katalog online: Website bisnis dapat dimanfaatkan untuk menampilkan katalog online, sehingga memudahkan pengunjung untuk membeli produk yang mereka inginkan.
  • Meningkatkan fleksibilitas toko: Dengan adanya website, toko kamu tidak lagi terbatas oleh jam kerja, karena pengunjung dapat melakukan pembelian kapanpun yang diinginkan.
  • Membuat email profesional: Website dapat digunakan untuk membuat email profesional dengan akhiran nama domain, selain terlihat lebih profesional, kamu juga bisa menggunakan email newsletter untuk memberikan informasi terkait promo atau produk baru dari toko kamu.
  • Membangun citra brand: Website bisa diakses oleh siapa saja untuk menciptakan citra brand yang diinginkan. Tampilan website dapat diubah sesuai dengan preferensi dan keinginan pemilik bisnis.
  • Memasarkan bisnis secara global: Bisnis online yang dimiliki memiliki peluang untuk muncul di Google Search dan dikenal secara global, sehingga membuka peluang lebih besar untuk mengembangkan bisnis.

Tambahkan Produk Pada website

Setelah menentukan platform, tema, dan desain untuk website, selanjutnya adalah mengisi halaman toko Anda. Tidak hanya dengan mengunggah foto produk, tetapi ada beberapa aspek lain yang perlu Anda ketahui agar produk Anda terlihat menarik. Beberapa di antaranya adalah:

Foto Produk yang Profesional

Foto produk yang diambil dengan profesional akan meningkatkan nilai produk dan menarik perhatian pembeli untuk membelinya. Selain itu, katalog produk yang dirancang dengan serius juga akan merepresentasikan pelayanan profesional yang diberikan kepada calon pembeli Anda.

Strategi Penetapan Harga

Ketika menetapkan harga untuk produk yang akan dijual, ada beberapa pertimbangan yang perlu dipertimbangkan. Misalnya, target pasar atau karakteristik pelanggan toko Anda. Anda juga dapat membandingkan harga dengan toko pesaing untuk produk yang sama. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan harga dari supplier agar Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Deskripsi Produk

Keputusan seseorang untuk membeli secara online biasanya karena transaksi yang cepat dan mudah. Oleh karena itu, Anda harus memfasilitasi keinginan pembeli dengan memberikan deskripsi produk yang lengkap. Hal ini akan memudahkan calon pembeli untuk membeli produk tanpa harus bertanya-tanya terlebih dahulu mengenai deskripsi barang yang ingin dibeli.

Pasarkan Produk

Selain itu, produk yang Anda miliki juga dapat dipasarkan secara langsung. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memasarkan produk, mulai dari membuat profil bisnis di Google, dan mengoptimalkan SEO. Berikut adalah penjelasan yang lebih rinci:

Buat profil bisnis di Google

Membuat profil bisnis atau business profile juga sangat penting untuk keberlangsungan merek. Salah satu media yang dapat kamu gunakan adalah Google My Business atau Google Bisnisku.

Optimalkan SEO

Search Engine Optimization (SEO) adalah cara untuk mengoptimalkan website agar bisa mendapat peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian mesin pencari, terutama Google. Ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi, baik dari sisi on-page dan off-page SEO.

  • On-page SEO adalah cara yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat SEO langsung dari halaman pengelolaan blog atau artikel yang disebut dengan CMS (Content Management System), seperti penggunaan kata kunci, meta-description, jumlah kata, penggunaan gambar, dan sebagainya.
  • Di sisi lain, ada juga off-page SEO, yaitu cara mengoptimalkan SEO di luar halaman on-page, seperti membuat backlink, mempercepat website, atau mendesain website agar lebih menarik.

Ketika mendesain website, pastikan hasilnya menarik dengan menu yang responsif agar Google dapat meningkatkan peringkat website-mu sehingga bisa dikunjungi oleh lebih banyak pengunjung.

Baca juga: Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri di Rumah 11 Rakaat

Kesimpulan

Cara bisnis online untuk pemula melibatkan beberapa langkah penting seperti menentukan platform dan tema online shop, mengisi halaman toko dengan foto produk yang profesional dan deskripsi yang lengkap, serta menetapkan harga yang sesuai dengan target pasar dan karakteristik pelanggan.

Pemula juga disarankan untuk terus belajar dan mengembangkan strategi pemasaran agar bisnis online mereka semakin berkembang. Selain itu, penting untuk memahami bahwa kesuksesan dalam bisnis online membutuhkan waktu, kesabaran, dan konsistensi.

Referensi

  1. https://kemenag.go.id
  2. https://bpsdm.jambiprov.go.id
  3. https://diskopukm.jambiprov.go.id
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.