Sen. Jun 5th, 2023
Cara Berjualan Online

Cara berjualan online – Dalam era penjualan online saat ini, semua kebutuhan dari ujung rambut hingga ujung kaki dapat ditemukan di internet. Dengan kata lain, apa pun bisa dijual secara online.

Namun, seperti yang sudah diketahui, meskipun ada banyak peluang, tidak semua orang berhasil dalam bisnis online. Banyak toko online yang akhirnya tutup di tengah jalan. Kehilangan toko online seperti itu mungkin membuat Anda bingung dalam berusaha.

Meskipun bisnis online atau penjualan online telah mengalami peningkatan yang cukup baik dalam beberapa tahun terakhir, tidak mudah bagi semua orang untuk sukses di dalamnya. Konsumen dapat mencari barang-barang dari ujung kepala hingga ujung kaki dengan mudah secara online.

Namun, meskipun peluang bisnis terbuka lebar untuk siapa saja, tidak semua orang mencapai kesuksesan yang diharapkan. Ada yang berhasil dan ada yang gagal. Untuk mencapai kesuksesan, tidaklah mudah.

Meskipun terlihat mudah, berjualan secara online membutuhkan strategi yang jitu. Anda mungkin berpikir bahwa berjualan secara online akan membawa keuntungan yang melimpah. Tentu saja, asalkan Anda tahu bagaimana meramu strategi penjualan online untuk bisnis Anda.

Cara Berjualan Online di Tahun 2023

Berikut ini penjelasan bagaimana strategi yang dapat diterapkan pada cara berjualan online di tahun 2023:

Menentukan Nama Brand dan Produk Jualan

Memulai penjualan online dapat dilakukan dari mana saja. Tidak ada batasan produk selama produk tersebut tidak melanggar aturan atau membahayakan keselamatan.

Namun, disarankan untuk fokus pada satu kategori produk. Hal ini akan memudahkan Anda membangun citra merek dan memperoleh keuntungan lebih cepat.

Pilihlah produk yang banyak diminati dan menjadi kebutuhan primer orang banyak, seperti makanan atau kebutuhan rumah tangga. Hindari menjual produk yang hanya tren sesaat.

Untuk memilih nama merek, pilihlah nama yang sederhana dan mudah diingat. Anda juga dapat menambahkan deskripsi produk yang menarik menggunakan copywriting atau kalimat promosi yang persuasif.

Gunakan bahasa dan nada yang alami, dan jelaskan bagaimana produk Anda dapat membantu dan menjadi solusi bagi masalah pelanggan.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Yang Kreatif dan Inovatif di 2023 Beserta Tips

Memilih Target Audiens atau Konsumen Yang Potensial

Langkah berikutnya cara berjualan online adalah memilih target audiens atau konsumen potensial. Hal ini penting untuk mengukur sejauh mana produk Anda bukan hanya dibeli, tetapi menjadi sesuatu yang benar-benar dibutuhkan oleh konsumen.

Sebagai contoh, jika ingin menjual produk kosmetik dan kecantikan, pastikan bahwa konsumen benar-benar membutuhkannya. Anda dapat menargetkan konsumen perempuan dalam kelompok usia tertentu, dan menyesuaikan produk dengan kebutuhan mereka.

Ketika Anda sudah mengetahui target konsumen yang ingin dituju, maka potensi penjualan online akan semakin berkembang di masa depan.

Menentukan Unique Selling Point

Cara berjualan online yang ketiga adalah dengan menentukan Unique Selling Point atau USP. USP adalah ciri khas yang membedakan produk Anda dengan produk pesaing. USP ini dibuat agar produk yang dijual menjadi lebih menarik bagi konsumen dan memperkuat citra brand.

Berbeda dengan kelebihan produk, USP hanya menonjolkan satu hal yang menjadi pembeda utama dari bisnis Anda dengan yang lain. Dengan adanya USP, dapat menargetkan konsumen yang lebih spesifik dan mudah memasarkan produk.

Berikut beberapa contoh USP dari beberapa merek ternama:

  • Starbucks: Berbagai pilihan minuman kopi kualitas premium
  • Domino‚Äôs Pizza: Pizza gratis jika tidak sampai dalam 30 menit
  • FedEx: Jaminan Paket Sampai Dalam Semalam
  • IKEA: Membuat hidup sehari-hari lebih baik

Ada beberapa cara untuk menentukan USP, di antaranya adalah dengan menempatkan diri pada posisi pelanggan, mencari tahu motivasi konsumen untuk membeli, dan membandingkan dengan produk pesaing untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan produk Anda.

Membuat Rincian Harga Yang Kompetitif dan Riset Pasar

Setelah menetukan unique selling point, langkah selanjutnya cara berjualan online adalah menentukan harga yang kompetitif. Harga produk Anda haruslah tidak terlalu mahal atau murah agar bisa bersaing di pasar online.

Untuk bisa menguasai pasar atau setidaknya bertahan pada segmen konsumen yang ingin dituju, Anda perlu melakukan riset pasar. Salah satu cara adalah dengan melihat harga produk pada toko online lain.

Penting untuk diingat bahwa Anda mungkin tidak sendirian dalam segmen pasar produk Anda, sehingga sebaiknya Anda menengok toko online pesaing. Dari riset tersebut, dapat menentukan harga jual yang kompetitif dengan perhitungan yang terperinci.

Baca juga: Strategi Cara Mengembangkan Bisnis Hingga Sukses Beserta Contohnya

Membuat Content Marketing

Content marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan penyebaran konten. Konten yang dibuat tidak hanya biasa-biasa saja, melainkan konten yang dapat menarik perhatian banyak orang dan membuat mereka tertarik untuk menjadi pelanggan Anda. Dengan kata lain, konten yang dibuat harus relevan dengan target pasar.

Sebagai contoh, Anda dapat membuat konten yang berisi informasi tentang produk dan bagaimana produk tersebut dapat memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada di masyarakat. Dengan demikian, orang-orang yang melihat konten tersebut akan merasa terbantu dan tertarik untuk membeli produk.

Penerapan content marketing ini sangat penting untuk keberlangsungan bisnis dalam jangka waktu yang panjang, terutama jika Anda dapat membangun interaksi dan kedekatan dengan audiens.

Membuat Identitas Nama Produk dan Toko

Untuk memudahkan penjualan produk secara online, jika Anda menjual barang dari merek lain, tentu akan lebih mudah. Namun, jika produk yang dijual adalah buatan sendiri, maka penting untuk menciptakan identitas produk yang kuat.

Salah satunya adalah dengan menentukan nama produk dan toko yang menarik perhatian konsumen sehingga mudah dikenali. Hal ini sangat penting untuk mempertahankan eksistensi produk Anda di hadapan target pasar yang dituju.

Berjualan Online di ECommerce

Berjualan online di marketplace bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan begitu saja. Hal ini karena masyarakat pada saat ini cenderung lebih memilih berbelanja di marketplace karena banyak kemudahan yang ditawarkan, seperti pilihan produk yang beragam, harga yang lebih murah, dan gratis ongkir.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk berjualan di Ecommerce:

Menjual dengan harga yang bersaing

Tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah penjual di ecommerce sangatlah banyak, dan untuk setiap kategori produk, Anda dapat menemukan belasan bahkan puluhan penjual yang menawarkan barang serupa.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur strategi yang tepat agar produk Anda menjadi pilihan banyak orang.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Memulai Bisnis Anda

Memilih distributor terpercaya dengan harga yang bersaing

Seperti halnya membuka lapak jualan di ruko atau emperan, berjualan secara online di marketplace juga dikenakan biaya admin yang dipotong dari setiap produk yang berhasil dijual.

Agar keuntungan yang didapatkan tidak banyak terpotong karena biaya admin, Anda dapat menyiasatinya dengan memilih distributor produk yang lebih murah dan terpercaya.

Menambahkan video, foto, dan testimonial dari pelanggan

Tidak hanya deskripsi produk saja yang perlu dipoles dengan baik, tampilan gambar yang tertera di masing-masing produk juga haruslah sama bagusnya.

Oleh karena itu, pastikan menyematkan gambar dengan kualitas yang baik dan jelas. Selain itu, tambahkan juga testimonial positif dari para pembeli agar orang lain yang melihat semakin tertarik untuk membeli produk Anda.

Memberikan pelayanan yang bagus

Pelayanan yang ramah dan pengemasan produk yang rapih adalah faktor pendukung pelanggan merasa puas dengan produk yang dibeli. Oleh karena itu, berikan pelayanan yang terbaik agar pelanggan merasa puas dengan pembelian mereka.

Berpartisipasi dalam campaign bulanan

Setiap marketplace memiliki campaign atau perayaan tertentu untuk menarik lebih banyak konsumen. Anda dapat memanfaatkan momentum ini untuk meraih banyak cuan dan pelanggan baru dengan membuat promo diskon, dan flashsale setiap bulannya.

Pahami Algoritma

Penting untuk memilih e-commerce yang tepat dalam menjual produk Anda. Pelajari kebijakan, sistem, dan algoritma dari marketplace yang ingin dipilih dengan baik. Pahami seluk beluk, kelebihan, dan kekurangan dari setiap marketplace untuk membantu memilih yang terbaik untuk bisnis dan toko online Anda.

Jika ingin fokus berjualan di media sosial, pastikan platform yang dipilih memiliki fitur untuk berjualan online. Setelah memilih platform, pahami juga algoritma sistemnya dan gunakan kata kunci atau SEO yang tepat saat memposting produk Anda di e-commerce, penggunaan kata kunci yang tepat akan membantu bisnis berkembang terutama dengan up date terbaru algoritma google EEAT di tahun 2023.

Berjualan di Medsos

Penggunaan sosial media yang semakin populer di kalangan masyarakat dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk mencari penghasilan tambahan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memasarkan produk Anda melalui link pembelian di marketplace.

Penting untuk membangun komunikasi yang baik antara akun jualan dan audiens agar produk yang Anda tawarkan cepat laku terjual.

Baca juga: Bisnis Modal Kecil: Ide Untuk Para Pemula

Ide Bisnis Online Tahun 2023

Berikut ini beberapa ide bisnis online yang dapat Anda coba di tahun 2023:

Pembuatan Website

Tidak dapat dipungkiri bahwa website merupakan faktor terpenting dalam keberadaan online, terutama untuk tujuan bisnis. Selain media sosial dan marketplace, website menjadi kunci dalam bersaing di era digital saat ini.

Namun, tidak semua pemilik bisnis memiliki waktu untuk mempelajari dan mengelola website mereka sendiri. Oleh karena itu, meminta bantuan dari agensi pembuatan website bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ini adalah ide bisnis yang memiliki peluang besar, terutama bagi orang dengan latar belakang IT. Namun, kesempatan ini juga terbuka bagi mereka yang berasal dari latar belakang lain. Yang perlu dilakukan hanyalah mempelajari dasar-dasar pemrograman website melalui buku atau tutorial online.

Tidak hanya itu, pembuatan website juga melibatkan pengetahuan tentang kinerja database dan pemahaman tentang berbagai alur kerja yang umum digunakan, sehingga Anda dapat bekerja sama dengan pengembang web lainnya.

Namun, tugas Anda tidak berhenti hanya dengan menciptakan website untuk klien. Jika ingin menjalankan agensi pembuatan website, Anda juga harus mengelola kebutuhan domain dan layanan web hosting klien.

Camilan

Walaupun bisnis camilan terdengar umum, namun selalu terdapat peluang untuk membuatnya berbeda dari produsen lainnya. Seperti yang kita lihat, setiap tahun pasti muncul jenis camilan unik yang menjadi populer.

Anda tidak perlu menciptakan ide bisnis makanan yang sepenuhnya baru untuk dapat bersaing. Inovasi pada makanan yang sudah ada pun dapat menjadi ide bisnis yang menarik. Anda dapat menambahkan bumbu atau rasa baru pada camilan yang sudah ada, atau mengkombinasikan beberapa jenis camilan yang berbeda untuk menciptakan camilan yang unik dan menarik.

Selain mudah dilakukan, ide bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja tanpa mengganggu aktivitas utama. Oleh karena itu, bisnis camilan dapat dijadikan sebagai usaha sampingan bagi karyawan yang ingin memiliki penghasilan tambahan.

Anda dapat memulainya dengan membuat camilan di rumah dan memasarkannya melalui media sosial atau platform jual-beli online. Seiring berjalannya waktu dan semakin berkembangnya bisnis, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuka gerai atau toko fisik.

Baca juga: Cara Sholat Qobliyah Subuh Beserta Zikir dan Doanya

Travel

Jika ingin mencari penghasilan sambil menjelajahi dunia, bisnis travel bisa menjadi opsi menarik. Dalam industri pariwisata yang terus berkembang, bisnis travel menawarkan peluang untuk menghasilkan pendapatan yang cukup besar.

Dalam era yang semakin sibuk, banyak orang ingin berlibur tanpa repot mengurus semua detail perjalanan mereka. Oleh karena itu, bisnis travel dapat memberikan paket perjalanan yang lengkap dan mudah, mulai dari transportasi hingga akomodasi dan rencana perjalanan. Dengan cara ini, usaha travel dapat mempermudah para pelanggan dalam merencanakan liburan mereka.

Namun, memulai bisnis travel bukanlah hal yang mudah. Kamu harus menentukan destinasi wisata yang menarik dan akomodasi yang sesuai serta mempertimbangkan harga yang kompetitif dan keuntungan yang cukup besar. Selain itu, kamu juga harus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, seperti hotel dan penyedia transportasi, untuk memastikan pelanggan mendapatkan pengalaman liburan terbaik.

Bisnis travel juga membutuhkan tim yang solid dan terorganisir dengan baik. Sebagai pemilik bisnis, kamu harus memiliki keterampilan dalam manajemen tim, kepemimpinan, dan pengelolaan sumber daya dengan baik. Hal ini akan membantu bisnis travel kamu tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kesimpulan

Dalam dunia bisnis, selalu ada peluang untuk menciptakan ide baru dan memanfaatkan tren yang sedang populer untuk memulai usaha. Namun, semua jenis bisnis memerlukan keterampilan manajemen yang solid dan kerja sama dengan berbagai pihak untuk memastikan kesuksesan dan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Referensi

  1. “The Lean Startup” oleh Eric Ries
  2. “The $100 Startup” oleh Chris Guillebeau
  3. “Crush It!: Why Now Is the Time to Cash in on Your Passion” oleh Gary Vaynerchuk
  4. “Dotcom Secrets: The Underground Playbook for Growing Your Company Online” oleh Russell Brunson
  5. “The E-Myth Revisited: Why Most Small Businesses Don’t Work and What to Do About It” oleh Michael E. Gerber

By BAMS