7V Big Data
Industry,  Technology

Karateristik 7V Big Data Beserta Penjelasannya

7V Big Data adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan karakteristik dan aspek-aspek penting dalam manajemen dan analisis data yang sangat besar. Istilah “7V” ini mengacu pada tujuh elemen kunci yang harus dipertimbangkan ketika bekerja dengan data besar.

Dalam bahasa Indonesia, 7V Big Data dapat diartikan sebagai konsep yang menggambarkan tujuh elemen penting dalam manajemen dan analisis data yang sangat besar. Konsep ini mencakup Volume, Variety, Velocity, Veracity, Value, Visualisasi, dan Variability.

Dalam mengelola data besar, tujuh elemen ini harus diperhatikan dan diatasi agar data dapat diolah dan digunakan secara efektif untuk memberikan wawasan dan nilai bagi organisasi dan bisnis.

Karateristik 7V Big Data

Berikut ini karateristik 7V Big Data beserta Penjelasannya:

Volume

Pertama-tama, Volume merupakan komponen yang paling sering dikaitkan dengan Big Data. Volume merujuk pada besarnya data dalam satuan yang besar seperti Zettabytes (ZB). Namun, volume bukanlah satu-satunya faktor yang membuat Big Data menjadi besar.

Untuk mengelola dan memanfaatkan Big Data secara efektif, diperlukan algoritma tingkat lanjut dan analitik berbasis AI serta sarana yang aman dan andal untuk menyimpan, mengatur, dan mengambil banyak terabyte data yang disimpan oleh perusahaan besar.

Baca juga: Solusi Penyimpanan Big Data

Variety

Komponen kedua adalah Variety, yaitu variasi tipe dan variasi sifat dari data. Terdapat tiga jenis data dalam Big Data yaitu structured data, semi-structured data, dan unstructured data. Data terstruktur memiliki elemen-elemen yang dapat diakses seperti keys dan disimpan dalam format tertentu seperti database SQL.

Sedangkan semi-structured data adalah data yang tidak disimpan dalam relational database tetapi mempunyai pattern atau terorganisir dengan rapi sehingga lebih mudah untuk di analisa. Sementara unstructured data adalah data yang tidak terorganisir dengan baik karena sifat alaminya atau tidak memiliki predefined data model.

Velocity

Komponen selanjutnya adalah Velocity, yaitu kecepatan dalam mengakses dan memproses data. Big Data platform dan big data analytics software harus dapat memproses banyak data secepat mungkin ketika ada request, seperti contohnya saat melakukan search dalam mesin pencarian Google.

Baca juga: Mengenal Big Data 5V Beserta Karateristiknya

Veracity

Veracity adalah komponen yang mengacu pada keragaman sumber data dari mana perusahaan dapat memperoleh data besar dan banyak format yang dapat muncul. Sumber data harus sangat relevan dengan sifat bisnis yang datanya dikumpulkan. Berbagai data juga dapat diperluas untuk membantu organisasi memahami profil dan persona pelanggan.

Value

Komponen berikutnya adalah Value, yaitu nilai atau makna dari Big Data. Big Data harus diolah sedemikian rupa sehingga ia memiliki makna yang jelas bagi User, juga bagi siapapun yang ingin sekadar melihatnya tanpa kecuali. Analitik Big Data harus mampu memberikan wawasan yang dapat membantu bisnis menjadi lebih kompetitif dan tangguh serta melayani pelanggan mereka dengan lebih baik.

Baca juga: Optimalkan Pengelolaan Data dengan Cloud Computing

Visualisasi

Visualisasi merupakan komponen yang penting dalam Big Data. Hasil analisis data harus dapat dimengerti oleh pemangku kepentingan non-teknis dan pengambil keputusan. Visualisasi adalah pembuatan grafik kompleks yang menceritakan kisah ilmuwan data, mengubah data menjadi informasi, informasi menjadi wawasan, wawasan menjadi pengetahuan, dan pengetahuan menjadi keuntungan yang bisa dimanfaatkan.

Variability

Terakhir, Variability adalah komponen yang mengacu pada karakteristik Big Data yang terus berubah secara konstan. Hal ini menuntut agar Big Data platform dan analitik Big Data dapat beradaptasi dengan cepat dan memperbaharui model analitik mereka agar selalu relevan.

Baca juga: Limbah Anorganik: Pengertian, Jenis, Ciri, dan Dampak

Kesimpulan

Big Data memiliki 7 karakteristik utama yaitu Volume, Variety, Velocity, Veracity, Value, Visualization, dan Variability. Volume mengacu pada jumlah data yang sangat besar, Variety mengacu pada variasi tipe dan sifat data, Velocity mengacu pada kecepatan pengolahan data, Veracity mengacu pada kebenaran dan relevansi data, Value mengacu pada nilai atau manfaat yang diperoleh dari data, Visualization mengacu pada kemampuan untuk mengubah data menjadi informasi yang mudah dimengerti, dan Variability mengacu pada sifat Big Data yang selalu berubah secara konstan.

Referensi

  1. Viktor Mayer-Schönberger and Kenneth Cukier. “Big Data: A Revolution That Will Transform How We Live, Work, and Think.” Houghton Mifflin Harcourt, 2013.
  2. Thomas C. Redman. “Data Driven: Profiting from Your Most Important Business Asset.” Harvard Business Review Press, 2018.
  3. Bernard Marr. “Big Data in Practice: How 45 Successful Companies Used Big Data Analytics to Deliver Extraordinary Results.” John Wiley & Sons, 2016.
  4. Jeffrey Needham. “Disruptive Possibilities: How Big Data Changes Everything.” O’Reilly Media, 2013.
  5. Malcolm Chisholm. “Managing Reference Data in Enterprise Databases.” Morgan Kaufmann Publishers, 2000.
  6. Jim Stikeleather. “The Seven V’s of Big Data.” Communications of the ACM, Vol. 57 No. 11, November 2014, pp. 44-50.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.