Rab. Jun 7th, 2023
google cendekia

Bagi para mahasiswa yang sudah memasuki semester akhir, menyelesaikan skripsi adalah tahapan terakhir untuk bisa lulus kuliah. Namun, menemukan referensi skripsi yang tepat dapat menjadi tantangan yang cukup besar. Meskipun begitu, saat ini sudah banyak tools yang bisa digunakan untuk membantu proses pencarian referensi, dan salah satunya adalah Google Cendekia.

Seiring dengan kemajuan teknologi, GC tidak hanya ditujukan untuk pengguna dari kalangan kampus saja, tapi juga banyak digunakan oleh anak-anak SMA. Hal ini terjadi karena banyak guru di sekolah menengah atas yang memberikan tugas membuat karya tulis ilmiah kepada siswanya, dan GC menjadi salah satu sumber referensi yang sering digunakan.

Kehadiran Google Cendekia sebagai alat bantu pencarian referensi skripsi atau karya tulis ilmiah sangat membantu para peneliti atau siswa dalam melakukan pencarian referensi.

Dengan adanya GC, proses pencarian referensi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan efisien, dibandingkan dengan masa lalu di mana orang harus berkutat di perpustakaan untuk mencari bahan penelitian.

Kini, Google Cendekia telah menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk melakukan pencarian referensi, karena dapat memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan akurat.

Selain itu, penggunaannya yang mudah dan cepat membuat GC menjadi tools yang sangat berguna bagi siapa saja yang membutuhkan referensi, tidak hanya bagi para mahasiswa atau siswa, tapi juga bagi peneliti atau akademisi di berbagai bidang ilmu.

Pengertian Google Cendekia

Google Cendekia adalah sebuah mesin pencari akademik yang dikembangkan oleh Google. Mesin pencari ini memungkinkan pengguna untuk mencari artikel ilmiah, tesis, buku, abstrak, dan sumber informasi akademik lainnya.

GC menggunakan teknologi mesin pencari Google untuk mencari dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yang terdapat di internet, seperti jurnal ilmiah, buku, situs web universitas, dan sumber-sumber informasi lainnya.

Dalam proses pencariannya, Google Cendekia menggunakan algoritma khusus yang dirancang untuk mempertimbangkan kualitas dan reputasi dari sumber informasi yang ditemukan, sehingga dapat memberikan hasil pencarian yang lebih relevan dan akurat bagi para penggunanya.

Google Cendekia sangat berguna bagi para peneliti, mahasiswa, dan akademisi yang membutuhkan referensi akademik untuk studi dan penelitian mereka.

Baca juga: Burung Garuda: Sejarah dan Lambang Negara Indonesia

Cara Membuat Google Cendekia

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat akun Google Cendekia:

Memiliki akun email Google

Langkah pertama dalam membuat akun Google Cendekia adalah dengan menyiapkan akun email Gmail. Walaupun mudah untuk membuat akun email Google, sebaiknya gunakan email dengan domain sendiri atau email yang terafiliasi dengan tempat pendidikan.

Buka akun Google Cendekia

Setelah memiliki email Google, masuklah ke Google Scholar dan klik tombol “Akun Saya” di pojok kanan atas halaman. Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan profil.

Mengisi data diri

Langkah selanjutnya adalah mengisi data diri dengan benar pada halaman profil. Isi data seperti nama lengkap, instansi, dan alamat email terafiliasi dengan tempat pendidikan. Setelah selesai, klik tombol “Make My Profile Public” agar karya tulis yang dibuat dapat diakses oleh banyak orang.

Melengkapi profil

Selama proses pengisian data diri, Anda akan diminta untuk melengkapi profil sesuai dengan keperluan akademik. Misalnya, dengan mengunggah foto profil yang resmi dan sesuai dengan tujuan penggunaan Google Scholar.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat dengan mudah membuat akun Google Cendekia dan memanfaatkan fitur-fiturnya untuk keperluan akademik, seperti mencari referensi dan mempublikasikan jurnal ilmiah.

Cara Efektif Mencari Refrensi Akademik di Google Cendekia

Mencari referensi akademik dengan Google Cendekia dapat menjadi proses yang lebih efektif jika diikuti dengan beberapa tips berikut:

Gunakan kata kunci yang spesifik

Gunakan kata kunci yang spesifik dan terkait dengan topik yang ingin dicari. Hindari penggunaan kata kunci yang terlalu umum atau generik.

Gunakan fitur filter:

GC menyediakan fitur filter yang memungkinkan Anda untuk menyaring hasil pencarian berdasarkan tanggal publikasi, jenis dokumen, dan bahasa.

Periksa sumber referensi

Pastikan sumber referensi yang ditemukan berasal dari publikasi yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Hindari menggunakan sumber referensi yang tidak terverifikasi atau tidak terpercaya.

Maksimalkan penggunaan Google Scholar Libraries

Gunakan fitur Google Scholar Libraries untuk menyimpan dan mengorganisir referensi yang ditemukan dengan mudah.

Baca juga: Big Data: Definisi dan Konsep Dasar

Gunakan fitur pencarian canggih

GC menyediakan fitur pencarian canggih yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian dengan menggunakan operator boolean, seperti AND, OR, dan NOT, untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih spesifik dan relevan.

Periksa daftar referensi terkait

Setelah menemukan referensi yang relevan, periksa daftar referensi terkait yang terdapat pada artikel tersebut untuk menemukan referensi tambahan yang mungkin berguna untuk penelitian Anda.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menggunakan Google Cendekia secara lebih efektif untuk mencari referensi akademik dengan lebih mudah dan cepat.

Cara Menggunakan Google Cendekia

Google Cendekia bekerja seperti mesin pencari Google. Mesin pencari Google mencari kata kunci yang relevan, dan hal yang sama berlaku untuk Google Cendekia. Yang membedakan adalah apa yang ditemukan. Google Scholar mengindeks berbagai karya tulis ilmiah dengan direktori pencarian yang luas.

Karena direktori tersebut sangat luas, mungkin diperlukan beberapa kali pencarian untuk menemukan kata kunci yang relevan. Oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan pencarian agar bekerja secara optimal. Memaksimalkan pencarian Google Cendekia sebenarnya cukup mudah.

Dengan pencarian yang maksimal, Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk menemukan jurnal, skripsi, atau tesis yang menjadi bahan dasar penelitian.

Berikut adalah panduan untuk memaksimalkan Google Cendekia yang perlu Anda ketahui:

  1. Masuk ke halaman utama Google Cendekia dengan mengakses scholar.google.com.
  2. Tulis kata kunci pada kolom pencarian yang tersedia di bawah logo. Misalnya, jika Anda mencari karya ilmiah tentang “Penilaian Kinerja Karyawan”.
  3. Setelah menekan tombol Enter, hasil rekomendasi akan muncul di halaman hasil pencarian Google Scholar. Anda bisa mencari karya ilmiah yang sesuai dengan yang Anda cari. Setelah menemukan apa yang Anda cari, dokumen tersebut bisa langsung diunduh.
  4. Cara mengunduh dokumen juga sangat mudah. Klik kotak PDF di halaman preview karya tulis yang bersangkutan, dan dokumen akan langsung terunduh. Namun, terkadang beberapa hasil pencarian Google Scholar akan langsung terunduh secara otomatis ketika di-klik linknya.

Kelebihan Google Cendekia sebagai mesin pencari akademik

Google Cendekia memiliki beberapa kelebihan sebagai mesin pencari akademik, di antaranya:

Akses ke jurnal ilmiah dan sumber-sumber akademik terpercaya

GC memiliki akses ke jurnal ilmiah dan sumber-sumber akademik terpercaya yang dapat digunakan oleh para peneliti dan mahasiswa untuk mendapatkan referensi yang berkualitas.

Kemudahan dalam pencarian referensi

Dengan menggunakan GC, pencarian referensi dapat dilakukan secara lebih mudah dan cepat karena mesin pencari ini menyediakan fitur pencarian yang spesifik dan canggih.

Baca juga: Blended Learning: Pengertian dan Contoh

Filter hasil pencarian

GC menyediakan fitur filter hasil pencarian berdasarkan jenis dokumen, tanggal publikasi, dan bahasa, sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan referensi yang relevan dengan topik penelitian yang sedang dijalankan.

Pencarian lintas disiplin ilmu

GC tidak hanya terfokus pada satu disiplin ilmu saja, tetapi mencakup berbagai disiplin ilmu, sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan referensi yang berkaitan dengan topik penelitian yang sedang dijalankan.

Cita-cita yang mudah

GC menyediakan fitur cita-cita yang mudah, sehingga memudahkan pengguna untuk mengutip referensi yang digunakan dalam penelitian.

Gratis dan mudah diakses

GC dapat diakses secara gratis dan mudah melalui internet, sehingga memudahkan pengguna untuk mencari referensi yang dibutuhkan tanpa harus membayar biaya akses atau keanggotaan.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, Google Cendekia menjadi salah satu pilihan mesin pencari akademik yang paling populer dan efektif bagi para peneliti dan mahasiswa untuk mencari referensi akademik yang berkualitas.

Baca juga: Doa Sesudah Sholat Dhuha Sesuai Tuntunan

Kesimpulan

Google Cendekia adalah mesin pencari akademik yang memudahkan para peneliti dan mahasiswa untuk mencari referensi akademik berkualitas secara mudah dan cepat. Google Cendekia memiliki akses ke jurnal ilmiah dan sumber-sumber akademik terpercaya, menyediakan fitur filter hasil pencarian, cita-cita yang mudah, dan gratis serta mudah diakses.

Selain itu, Google Cendekia juga mencakup berbagai disiplin ilmu, sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan referensi yang berkaitan dengan topik penelitian yang sedang dijalankan. Oleh karena itu, Google Cendekia menjadi salah satu pilihan mesin pencari akademik yang paling populer dan efektif bagi para peneliti dan mahasiswa dalam mencari referensi akademik.

By BAMS