Situs Pembuat Aplikasi Android
Gadgets

8 Situs Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding dan Gratis 2024

Situs Membuat Aplikasi Android – Seiring perkembangan teknologi, dunia pemrograman tidak lagi menjadi hal yang terbatas bagi para programmer berpengalaman. Bagi kamu yang masih awam, jangan khawatir! Sekarang, ada banyak cara untuk membuat aplikasi Android tanpa harus menggali ilmu pemrograman dari nol. Salah satunya melalui berbagai situs atau platform online yang menyediakan layanan pembuatan aplikasi secara cepat dan mudah.

Mengapa Membuat Aplikasi Android?

Website Membuat Aplikasi Android

Sebelum kita terjun lebih dalam ke dunia pembuatan aplikasi, pertanyaan yang mungkin muncul adalah: mengapa perlu membuat aplikasi Android? Jawabannya sederhana: dengan perkembangan teknologi, memiliki aplikasi Android dapat menjadi keuntungan besar, baik untuk keperluan bisnis maupun hobi. Dengan aplikasi sendiri, kita dapat menciptakan pengalaman pengguna yang unik, berkomunikasi dengan audiens, dan bahkan menghasilkan pendapatan tambahan melalui monetisasi. Sekarang, mari kita lihat beberapa pilihan website yang dapat membantu mencapai tujuan tersebut.

Situs Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding dan Gratis 2024

Berikut ini ulasan lengkap situs Membuat aplikasi Android tanpa coding dan gratis yang telah kita rangkum dari beberapa sumber.

1. Appclay Shephertz

Dengan menggunakan Appclay Shephertz, kita dapat membuat aplikasi Android dalam berbagai kategori, mulai dari olahraga, pendidikan, acara, bisnis, hingga travelogue. Tidak hanya itu, Appclay Shephertz juga memungkinkan pembuatan aplikasi untuk BlackBerry dan HTML5. Fitur-fitur seperti shopping cart, RSS feed, push notification, dan analisis SEO membuatnya menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin lebih mendalam dalam pengembangan aplikasi.

Cara Menggunakan Appclay Shephertz:

  • Daftar dan buat akun.
  • Setelah akun dibuat, kita dapat memilih kategori aplikasi yang ingin mereka buat.
  • Dengan antarmuka pengguna yang intuitif, pengguna dapat merancang aplikasi mereka secara visual.
  • Appclay Shephertz menyediakan berbagai fitur tambahan yang dapat diintegrasikan ke dalam aplikasi, seperti push notification, social connect, dan fitur analisis.
  • Sebelum mempublikasikan aplikasi, pengguna dapat menguji fungsionalitasnya dengan menggunakan fitur pratinjau yang disediakan oleh Appclay Shephertz.
  • Setelah puas dengan aplikasi, pengguna dapat memilih untuk mempublikasikannya ke toko aplikasi seperti Google Play Store.

Link situs: http://appclay.shephertz.com/

2. AppMakr.com

Jika kita tidak memiliki latar belakang dalam pemrograman, jangan khawatir. AppMakr.com hadir sebagai penyelamat, memungkinkan kita membuat aplikasi Android dan iPhone tanpa harus menyentuh satu baris kode pun. Keunggulan utama dari AppMakr adalah kemudahan penggunaan. Proses pembuatan aplikasi yang biasanya memakan waktu bisa diselesaikan dengan cepat, dan yang terbaik, kita tidak perlu repot-repot dengan coding yang rumit. Selain itu, AppMakr juga terjangkau, dan bisa memilih versi berbayar untuk fitur yang lebih lengkap.

Cara Menggunakan AppMakr:

  • Daftar dan Buat Akun di situs resmi AppMakr untuk memulai proses pembuatan aplikasi.
  • Setelah mendaftar, kita diminta untuk memilih jenis aplikasi yang ingin mereka buat. AppMakr menyediakan berbagai opsi, seperti aplikasi untuk bisnis, gereja, organisasi, dan banyak lagi.
  • Dengan menggunakan antarmuka drag-and-drop, pengguna dapat menyesuaikan tata letak visual aplikasi mereka.
  • Kita dapat menambahkan konten seperti gambar, video, dan teks ke dalam aplikasi.
  • Sebelum mempublikasikan aplikasi, pengguna dapat menguji fungsionalitasnya dengan menggunakan fitur pratinjau yang disediakan oleh AppMakr.
  • Setelah puas dengan aplikasi, pengguna dapat memilih untuk mempublikasikannya ke toko aplikasi seperti Google Play Store atau Apple App Store.

Link situs: https://www.appmakr.com/id/learn_more/

3. AppGesyer

AppGesyer mengklaim bahwa kita dapat membuat aplikasi Android dalam waktu hanya 30 detik atau 2 menit, tergantung pada kompleksitas aplikasi yang diinginkan. Dengan lebih dari 70 template yang tersedia, kita memiliki banyak pilihan untuk membuat aplikasi sesuai keinginan. AppGesyer menawarkan kecepatan dan kemudahan tanpa harus mengeluarkan biaya. Kita bahkan dapat mengunduh, mendistribusikan, dan memonetisasi aplikasi yang sudah di buat.

Cara Menggunakan AppsGeyser:

  • Daftar dan buat akun.
  • Setelah mendaftar, kita dapat memilih jenis aplikasi yang ingin mereka buat dari lebih dari 70 template yang tersedia. Ini dapat mencakup kategori seperti bisnis, pendidikan, atau hiburan.
  • Kita dapat mengkustomisasi aplikasi mereka dengan menambahkan konten seperti gambar, teks, dan link.
  • Kita dapat memilih dan menambahkan fitur tambahan ke dalam aplikasi mereka, seperti widget cuaca, peta, dan formulir kontak.
  • Sebelum mempublikasikan aplikasi, kita dapat melihat pratinjau dan menguji fungsionalitasnya menggunakan alat yang disediakan oleh AppsGeyser.
  • Setelah puas dengan aplikasi, kita dapat memilih untuk mempublikasikannya ke toko aplikasi seperti Google Play Store.

Link situs: https://www.appsgeyser.com/

4. AppyPie.com

AppyPie.com merupakan pilihan lain yang layak untuk Anda pertimbangkan. Menurut Wikipedia, situs ini memungkinkan membuat dan bahkan memonetisasi aplikasi Android, iOS, dan Windows Phone. Kelebihan Appy Pie termasuk pengalaman pengguna yang mirip dengan aplikasi native, fitur monetisasi, dan analisis untuk melacak performa aplikasi di Play Store. Dengan Appy Pie, kita dapat merancang aplikasi sesuai keinginan tanpa perlu menjadi ahli pemrograman.

Cara Menggunakan Appy Pie:

  • Membuat akun di situs Appy Pie.
  • Setelah mendaftar, kita diminta untuk memilih jenis aplikasi yang ingin mereka buat. Appy Pie menyediakan berbagai opsi, termasuk aplikasi untuk bisnis, olahraga, restoran, dan banyak lagi.
  • Kita dapat menggunakan antarmuka drag-and-drop untuk menambahkan elemen seperti gambar, tombol, formulir, dan lainnya ke dalam aplikasi mereka.
  • Appy Pie menyediakan berbagai fungsionalitas tambahan yang dapat ditambahkan ke dalam aplikasi, seperti peta, notifikasi, dan banyak lagi.
  • Sebelum mempublikasikan aplikasi, kita dapat menguji fungsionalitasnya dengan menggunakan fitur pratinjau yang disediakan oleh Appy Pie.
  • Setelah yakin dengan aplikasi, dapat memilih untuk mempublikasikannya ke toko aplikasi seperti Google Play Store atau Apple App Store.

Link situs: https://www.appypie.com/

5. Buzztouch

Buzztouch memberikan kebebasan tanpa batas dalam pembuatan aplikasi. Ini adalah platform web yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis mobile, baik untuk Android maupun iOS. Jika kita memiliki sedikit pengetahuan pemrograman, bahkan dapat mengunduh aplikasi Android yang sudah dibuat menggunakan Buzztouch dan mengeditnya kembali menggunakan Android Studio. Fleksibilitas Buzztouch membuatnya cocok untuk berbagai tingkat pengalaman pengembang.

Cara Menggunakan Buzztouch:

  • Kita perlu mendaftar dan membuat proyek di situs resmi Buzztouch untuk memulai proses pembuatan aplikasi.
  • Setelah membuat proyek, dapat memilih plugin dan menyesuaikan pengaturan aplikasi. Buzztouch menyediakan berbagai plugin untuk menambahkan fungsionalitas seperti peta, formulir kontak, dan lainnya.
  • Kita dapat menyesuaikan antarmuka aplikasi mereka dengan menggunakan antarmuka visual Buzztouch.
  • Sebelum mempublikasikan aplikasi, kita dapat menguji fungsionalitasnya menggunakan simulator yang disediakan oleh Buzztouch.
  • Setelah puas dengan aplikasi, dapat memilih untuk mempublikasikannya ke toko aplikasi seperti Google Play Store atau Apple App Store.

Link situs: https://www.buzztouch.com/

6. MIT App Inventor

Saat baru memasuki dunia pembuatan aplikasi dan ingin mencoba sesuatu yang lebih visual, MIT App Inventor bisa menjadi jawaban. Platform ini diklaim dapat membuat orang yang baru mengenalnya mampu membuat aplikasi sederhana dalam waktu kurang dari 30 menit. Awalnya dikembangkan oleh Google, MIT App Inventor sekarang dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). Proses pembuatan aplikasi di sini sebagian besar melibatkan drag and drop, menjadikannya pilihan yang bagus untuk pemula.

Cara Menggunakan MIT App Inventor:

  • Perlu membuat akun di situs MIT App Inventor dan memulai proyek baru untuk aplikasi yang akan dibuat.
  • Dengan menggunakan antarmuka yang ramah, kita dapat mendesain antarmuka aplikasi dengan menambahkan elemen visual seperti tombol, gambar, dan kolom teks.
  • Setelah antarmuka dibuat, pengguna dapat mengatur logika aplikasi menggunakan blok pemrograman visual. Blok-blok ini dapat diatur dengan menghubungkan elemen-elemen untuk membentuk alur kerja aplikasi.
  • MIT App Inventor menyediakan emulator yang memungkinkan pengguna menguji aplikasi mereka langsung dari browser.
  • Setelah puas dengan aplikasi, kita dapat menyimpan proyek dan mendistribusikannya melalui Google Play Store atau menggunakan file APK yang dihasilkan.

Link situs: http://appinventor.mit.edu/explore/

7. Andromo.com

Situs pembuat aplikasi Android seperti Andromo merupakan platform daring yang memberdayakan pengguna untuk membuat aplikasi Android tanpa perlu memiliki pengetahuan pemrograman yang mendalam. Alat yang ramah pengguna ini cocok untuk individu maupun bisnis, menyediakan cara yang lancar dan efisien untuk mewujudkan ide aplikasi mereka.

Cara Menggunakan Andromo:

  • Pengguna mendaftar dan membuat akun di situs resmi Andromo untuk memulai proses pengembangan aplikasi.
  • Setelah registrasi, pengguna dapat memilih templat aplikasi yang sesuai berdasarkan tujuan aplikasi yang diinginkan. Andromo menyediakan berbagai templat yang disesuaikan untuk berbagai kategori seperti bisnis, musik, acara, dan lainnya.
  • Dengan templat yang dipilih, pengguna dapat mulai menyesuaikan aplikasi mereka dengan menambahkan konten, menyesuaikan tata letak, dan menambahkan fitur yang diinginkan.
  • Pengguna dapat meningkatkan fungsionalitas aplikasi dengan menambahkan fitur seperti integrasi media sosial, formulir kontak, dan elemen multimedia lainnya.
  • Sebelum mengonfirmasi aplikasi, pengguna dapat melakukan pratinjau dan mengujinya menggunakan alat pengujian Andromo.
  • Setelah puas dengan aplikasi, pengguna dapat mempublikasikannya ke Google Play Store.

Link situs: https://www.andromo.com/en/

8. AppYet.com

AppYet.com mempromosikan dirinya sebagai cara untuk membuat aplikasi Android secara profesional tanpa perlu coding. Seperti platform sebelumnya, AppYet memungkinkan siapa saja membuat aplikasi dalam hitungan menit tanpa harus memiliki keterampilan pemrograman. Kelebihan lainnya adalah kebebasan untuk mendaftar dan menjual aplikasi yang Anda buat di Google Play Store atau pasar Android lainnya. Dengan demikian, Anda tidak hanya bisa membuat aplikasi, tetapi juga menghasilkan uang darinya.

Kelebihan dan Kekurangan Membuat Aplikasi Android secara Online

Sebelum memutuskan website membuat aplikasi Android mana yang ingin digunakan, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari pembuatan aplikasi Android berbasis web. Setiap pendekatan memiliki karakteristiknya sendiri, dan pilihan tergantung pada kebutuhan spesifik proyek kita.

Kelebihan:

  • Aplikasi web dapat diakses melalui peramban web di berbagai perangkat, termasuk Android. Ini menghemat ruang penyimpanan pada perangkat pengguna.
  • Aplikasi web dapat diakses di berbagai platform, termasuk Android, iOS, dan desktop, memungkinkan akses dari berbagai perangkat.
  • Perubahan atau pembaruan pada aplikasi web dapat diterapkan secara instan pada seluruh pengguna tanpa memerlukan pembaruan dari toko aplikasi.
  • Pengembangan aplikasi web seringkali lebih cepat daripada pengembangan aplikasi Android native karena dapat menggunakan teknologi web yang sudah ada.

Kekurangan:

  • Aplikasi web mungkin memiliki keterbatasan dalam hal fungsionalitas dibandingkan dengan aplikasi Android native, terutama dalam akses ke perangkat keras atau fitur sistem tertentu.
  • Aplikasi web memerlukan koneksi internet yang baik. Tanpa koneksi yang stabil, pengguna mungkin tidak dapat menggunakan aplikasi.
  • Aplikasi web cenderung memiliki kinerja yang lebih lambat dibandingkan dengan aplikasi native, terutama untuk tugas yang membutuhkan akses ke perangkat keras atau komputasi berat.
  • Akses ke fitur perangkat seperti GPS, kamera, dan sensor lainnya mungkin terbatas dalam aplikasi web, sementara aplikasi Android native dapat mengaksesnya lebih mudah.

Sebelum memilih platform web pembuat aplikasi Android, pertimbangkan kebutuhan dan tujuan proyek. Apakah kita memerlukan aplikasi dengan fitur khusus, ataukah ingin mencoba berbagai template yang sudah ada? Apakah lebih memilih kontrol penuh dengan coding, ataukah kitaingin pengalaman visual yang mudah dipahami?

Demikianlah ulasan tentang situs pembuat aplikasi Android secara gratis, semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.