Business

Bisnis Digital: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Tipsnya

bisnis digital

Bisnis digital menawarkan banyak peluang bagi siapa saja yang ingin memulai usaha, Anda dapat memulai dari rumah, tanpa memerlukan modal besar seperti bisnis konvensional. Anda juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan potensial, karena tidak terbatas oleh wilayah atau geografis.

Dalam era digital, bisnis digital menjadi sebuah keharusan bagi perusahaan yang ingin bertahan dan berkembang. Perusahaan harus beradaptasi dengan teknologi digital dan memanfaatkannya dengan optimal untuk menciptakan nilai tambah bagi konsumen dan mencapai tujuan bisnis yang diinginkan.

Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu bisnis digital.

Apa Itu Bisnis Digital

Bisnis digital adalah sebuah bisnis yang dilakukan secara online atau melalui internet. Bisnis ini berfokus pada penggunaan teknologi digital untuk melakukan kegiatan bisnis seperti pemasaran, penjualan, pengiriman, dan pembayaran. Dalam bisnis tersebut, semua kegiatan bisnis dilakukan secara virtual, sehingga dapat diakses dan dilakukan dari mana saja dan kapan saja.

Baca juga: Pentingnya Reklame Audio Visual dalam Media Reklame

Jenis Bisnis Digital

Ada beberapa jenis bisnis digital yang dapat dilakukan, di antaranya:

E-commerce

E-commerce atau toko online adalah bisnis yang berfokus pada penjualan produk secara online. Contoh dari bisnis e-commerce adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan Lazada.

Sosial media marketing

Sosial media marketing adalah bisnis yang berfokus pada pemasaran melalui platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Dalam bisnis ini, perusahaan memanfaatkan platform sosial media untuk mempromosikan produk atau jasa mereka kepada pengguna sosial media.

Affiliate marketing

Affiliate marketing adalah bisnis yang berfokus pada promosi produk atau jasa orang lain dan mendapatkan komisi dari penjualan yang dilakukan. Dalam bisnis ini, Anda akan menjadi mitra dari perusahaan dan mempromosikan produk atau jasa mereka melalui media online.

Digital product creation

Bisnis digital ini berfokus pada penciptaan produk digital seperti aplikasi, e-book, video tutorial, atau software. Produk digital ini kemudian dijual melalui platform online seperti App Store, Google Play, atau situs web pribadi.

Baca juga: Membuat Reklame Komersial yang Efektif untuk Produk

Keuntungan Bisnis Digital

Mengapa banyak orang tertarik untuk memulai bisnis digital? Berikut beberapa keuntungan dari bisnis digital:

Fleksibilitas waktu dan tempat

Dalam bisnis digital, semua kegiatan bisnis dapat dilakukan secara online. Anda dapat mengelola bisnis Anda dari mana saja dan kapan saja, selama terhubung dengan internet.

Biaya operasional yang lebih rendah

Tidak memerlukan biaya operasional yang besar seperti bisnis konvensional. Anda tidak perlu membayar sewa tempat atau biaya peralatan, dan biaya operasional lainnya juga lebih rendah.

Target pasar yang lebih luas

Dapat menjangkau pasar yang lebih luas karena dapat diakses dari mana saja. Anda dapat memasarkan produk atau jasa Anda ke seluruh dunia, tidak hanya di wilayah tertentu.

Meningkatkan efisiensi dan produktivitas

Dalam bisnis digital, semua kegiatan bisnis dilakukan secara online, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Dengan menggunakan teknologi digital, Anda dapat mengotomatisasi beberapa kegiatan bisnis, sehingga Anda dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih penting.

Baca juga: Belajar dari Cara Kerja Marketing yang Efektif

Mendorong inovasi

Membuka peluang pasar yang lebih luas akan mendorong para pelaku bisnis untuk terus melakukan inovasi. Tanpa adanya inovasi, produk atau layanan yang ditawarkan dapat kalah bersaing dengan pesaing lain. Dalam bisnis digital, siapa pun dapat menjadi pesaing tanpa memperhatikan batasan geografis atau karakteristik konsumen tertentu.

Modal tidak harus besar

Memulai bisnis digital tidak memerlukan modal besar. Bisnis digital memungkinkan kita untuk memulai usaha dengan modal yang sangat minim, hanya membutuhkan koneksi internet dan perangkat gadget untuk menjalankan operasional. Tidak diperlukan biaya sewa tempat atau kios.

Contoh Bisnis Digital Tahun 2023

Bisnis digital terus berkembang dari tahun ke tahun. Berikut beberapa contoh bisnis digital yang diprediksi akan berkembang pada tahun 2023:

Dropshipping

Bisnis di mana menjual produk tanpa harus memiliki stok, Anda bekerja sama dengan supplier untuk mengirimkan produk langsung kepada pelanggan. Bisnis dropshipping diprediksi akan terus berkembang pada tahun 2023 karena biaya operasional yang rendah dan potensi keuntungan yang besar.

Konsultasi online

Bisnis konsultasi online adalah bisnis yang berfokus pada memberikan layanan konsultasi secara online. Bisnis ini diprediksi akan terus berkembang pada tahun 2023 karena semakin banyak orang yang mencari solusi untuk masalah mereka melalui internet.

Edukasi online

Bisnis yang berfokus pada memberikan layanan pendidikan secara online seperti kursus online, webinar, atau e-learning, bisnis ini diprediksi akan terus berkembang pada tahun 2023 karena semakin banyak orang yang mencari alternatif pendidikan yang fleksibel dan dapat diakses dari mana saja.

Aplikasi mobile

Bisnis aplikasi mobile adalah bisnis yang berfokus pada pembuatan dan penjualan aplikasi untuk perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Bisnis ini diprediksi akan terus berkembang pada tahun 2023 karena semakin banyak orang yang menggunakan perangkat mobile untuk berbagai keperluan seperti belanja online, bermain game, dan lain sebagainya.

Influencer dan content creator

Saat ini, menjadi seorang kreator konten di YouTube atau Podcaster menjadi semakin mudah karena hampir semua orang memiliki smartphone yang dapat digunakan untuk merekam konten. Peluang untuk sukses dalam profesi ini pun sangat besar. Namun, kunci utamanya adalah konsistensi dalam menyajikan konten yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Pembuatan website, microsite, dan landingpage

Dalam era digital saat ini, memiliki situs web profesional menjadi suatu kebutuhan mutlak bagi bisnis. Sebuah situs web yang berkualitas dapat berfungsi sebagai alat pemasaran, platform toko, portofolio, sarana komunikasi, serta meningkatkan citra brand secara bersamaan.

Bisnis agensi, manajemen, dan pekerja lepas

Menjadi seorang pekerja lepas memang memerlukan usaha ekstra, terutama ketika sedang dalam tahap mencari klien. Namun, dengan membentuk sebuah agensi, Anda dapat mengembangkan sistem yang lebih terstruktur daripada sebelumnya. Dengan menawarkan jasa di bawah naungan nama agensi, klien akan lebih percaya karena mereka akan bekerja sama dengan sekumpulan orang yang memiliki keterampilan di bidangnya masing-masing.

Bisnis thrifting fashion

Mungkin masih ada beberapa dari Anda yang belum familiar dengan istilah “Thrifting”, namun kami yakin sebagian besar pernah melakukannya. Thrifting adalah kegiatan mencari barang-barang bekas yang bisa dimiliki atau dijadikan koleksi.

Di Indonesia, bisnis fashion thrifting masih sangat populer dan mudah ditemukan melalui mesin pencari atau di marketplace. Terdapat banyak agen yang menawarkan produk mulai dari kaos, kemeja, jaket, sepatu, celana, topi, hingga aksesori dengan harga relatif lebih murah dibandingkan harga aslinya.

Namun, Anda harus menyadari bahwa bisnis ini memiliki risiko. Produk yang didapatkan mungkin beragam karena kebanyakan dijual dalam bentuk bal, kondisi barang tidak menentu, dan legalitas barang yang dibeli dari agen.

Jasa penterjemah online

Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki kemampuan berbahasa lebih dari satu, terutama dalam bahasa asing seperti Bahasa Inggris, Arab, Rusia, Prancis, dan lain-lain. Anda dapat menjalankannya sebagai seorang pekerja lepas (freelancer) atau bisnis.

Jika memutuskan untuk menjalankannya sebagai bisnis, maka Anda dapat merekrut orang-orang yang kompeten untuk bekerja sama sehingga cakupan bisnis akan semakin luas. Bagi yang tertarik dengan layanan ini, sangat dianjurkan untuk mengambil sertifikasi bahasa atau sertifikasi penerjemah. Dengan begitu, klien akan lebih mudah percaya dan menghargai kapabilitas Anda yang telah diakui secara resmi.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Edisi Terbaru 2023

Tips Membangun Bisnis Digital

Membangun bisnis digital tidaklah mudah, namun dengan beberapa tips berikut, dapat meningkatkan peluang kesuksesan bisnis digital :

Lakukan riset pasar

Sebelum memulai, lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pasar. Dengan mengetahui pasar yang akan di jangkau, Anda dapat menyesuaikan produk atau jasa yang akan ditawarkan.

Buat website yang profesional

Website merupakan identitas bisnis digital, buat website yang profesional dan mudah diakses agar calon pelanggan dapat mengetahui informasi tentang produk atau jasa Anda dengan mudah.

Gunakan media sosial

Media sosial merupakan sarana yang efektif untuk mempromosikan produk atau jasa. Gunakan media sosial yang relevan dengan bisnis seperti Instagram atau Facebook untuk meningkatkan visibilitas bisnis Anda.

Fokus pada kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah kunci kesuksesan, berikan layanan yang baik dan responsif pada pelanggan agar mereka merasa puas dan memperoleh pengalaman positif dengan bisnis Anda.

Pantau perkembangan bisnis Anda

Pantau perkembangan bisnis secara teratur, analisis data penjualan dan pengunjung website Anda untuk mengetahui kinerja bisnis dan menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan bisnis Anda.

Baca juga: Marketing Mix: Konsep 4P dan 7P Berikut Contohnya

Kesimpulan

Bisnis digital adalah bisnis yang dilakukan secara online melalui internet. Ada beberapa jenis bisnis digital seperti e-commerce, sosial media marketing, affiliate marketing, dan digital product creation, memiliki beberapa keuntungan seperti fleksibilitas waktu dan tempat, biaya operasional yang rendah, dan potensi pasar yang besar. Namun, untuk membangun bisnis yang sukses, dibutuhkan riset pasar yang matang, pembuatan website yang profesional, penggunaan media sosial yang efektif, fokus pada kepuasan pelanggan, dan pantauan perkembangan bisnis secara teratur.

Pada tahun 2023, bisnis digital diprediksi akan semakin berkembang dengan adanya bisnis dropshipping, bisnis konsultasi online, bisnis edukasi online, dan bisnis aplikasi mobile yang semakin diminati oleh masyarakat. Dengan memanfaatkan tips membangun bisnis yang tepat, siapa saja dapat memulai dan sukses dalam pada tahun 2023.

Referensi

  1. Luhur Wahyu Priambodo. (2019). Pemahaman Tentang Bisnis Digital dan Manfaatnya. Jurnal Eksplora Informatika, 10(1), 35-43.
  2. Rahayu, S. (2020). Jenis-jenis Bisnis Digital dan Peluangnya. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, 6(1), 35-43.
  3. Suharyanto, D., & Nurdin, H. (2019). Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Online Shop. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 129-138.
  4. Wardani, R. K., & Farida, E. (2018). Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan pada Bisnis Online. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Terapan, 4(1), 1-12.
  5. Sinaga, H. M. (2021). Penggunaan Instagram sebagai Media Promosi Bisnis Online Shop di Indonesia. Jurnal Ilmiah Sosio-Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, 1(1), 39-50.
  6. Jati, D. R., & Wulandari, D. A. (2021). Peran Aplikasi Mobile dalam Pengembangan Bisnis di Era Digital. Jurnal Informatika Global, 9(1), 45-52.
Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.