Manajemen Operasional Menurut Para Ahli
Business,  Industry,  Management

9 Pengertian Manajemen Operasional Menurut Para Ahli

Manajemen Operasional Menurut Para Ahli – Manajemen operasional menjadi salah satu fondasi utama dalam menjalankan suatu bisnis. Dalam dunia yang terus berkembang ini, pemahaman mendalam tentang konsep dan strategi manajemen operasional sangat penting bagi para pemimpin perusahaan.

Manajemen operasional tidak sekadar tentang bagaimana sebuah produk dibuat atau jasa disediakan, ini tentang efisiensi, efektivitas, dan strategi untuk mengelola sumber daya dengan optimal.

Pengertian Manajemen operasional Menurut Para Ahli

Berikut ulasan tentang pengertian manajemen operasional menurut para ahli nya.

1. Jay Heizer dan Berry Rander

Menurut Heizer dan Rander, manajemen operasional adalah serangkaian aktivitas yang menghasilkan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah input menjadi output. Dalam pandangan mereka, proses transformasi inilah yang menjadi inti dari manajemen operasional.

2. Wiliam J. Stevenson

Stevenson menekankan bahwa manajemen operasional bukan hanya tentang proses transformasi, tetapi juga merupakan sistem manajemen atau serangkaian proses dalam pembuatan produk atau penyediaan jasa. Pendekatannya lebih melibatkan aspek sistematis dalam mengelola operasional suatu perusahaan.

3. Eddy Herjanto

Herjanto memandang manajemen operasional sebagai kegiatan yang terkait dengan pembuatan barang, jasa, dan kombinasinya melalui proses transformasi. Pendekatannya lebih holistik dan menekankan pada integrasi berbagai aspek dalam operasional perusahaan.

4. Jacobs dan Chase

Jacobs dan Chase memberikan dimensi tambahan dengan menyatakan bahwa manajemen operasional melibatkan desain, operasi, dan peningkatan sistem. Ini menekankan bahwa manajemen operasional bukan hanya tentang menjalankan proses, tetapi juga menciptakan dan meningkatkan sistem yang mendukung produksi dan perdagangan.

5. Griffin

Griffin dalam bukunya “Perilaku Organisasi Manajemen” (2013) menyampaikan bahwa manajemen operasional adalah serangkaian kegiatan manajerial yang digunakan oleh sebuah organisasi untuk mengubah input sumber daya menjadi produk dan jasa. Pandangan ini memberikan gambaran tentang bagaimana manajemen operasional berkaitan dengan aspek manajemen lainnya dalam mencapai tujuan organisasi.

6. Stevenson

Menurut Stevenson, manajemen operasional adalah sistem manajemen atau serangkaian proses dalam suatu pembuatan produk atau penyediaan jasa. Pandangan ini menyoroti sifat sistematis dari manajemen operasional dan bagaimana proses-produksinya terintegrasi dalam mencapai hasil akhir.

7. Richard L. Daft

Richard L. Daft, dalam bukunya “Understanding Management” (2016), menyatakan bahwa manajemen operasional adalah bidang manajemen yang mengkhususkan pada produksi barang. Pandangan ini menunjukkan fokus khusus pada aspek produksi dan penggunaan alat serta teknik khusus untuk mengatasi masalah produksi.

8. Herjanto

Menurut Herjanto, manajemen operasional melibatkan kegiatan yang dilakukan dengan mengkoordinasikan berbagai kegiatan dan sumber daya untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Ini menekankan pentingnya koordinasi dalam mencapai hasil yang diinginkan dalam konteks operasional.

9. Rusdiana

Berdasarkan bukunya “Kewirausahaan Teori dan Praktek” (2014), Rusdiana menyatakan bahwa manajemen operasional merupakan salah satu dari tiga fungsi utama setiap organisasi yang erat kaitannya dengan fungsi bisnis lainnya. Ini menunjukkan bagaimana manajemen operasional saling terkait dengan fungsi-fungsi lain dalam konteks organisasi.

Tujuan Manajemen Operasional

Menyadur dari situs resmi bams.blog, dalam manajemen operasional terdapat lima tujuan utama yang menjadi fokus utama aktivitas ini:

  • Meningkatkan efisiensi dalam proses produksi untuk mengoptimalkan penggunaan sumber daya.
  • Meningkatkan produktivitas untuk mencapai hasil maksimal dari setiap sumber daya yang digunakan.
  • Mengurangi biaya operasional untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.
  • Meningkatkan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan untuk memenuhi standar yang diinginkan oleh pelanggan.
  • Mempercepat waktu proses produksi untuk merespons dengan cepat terhadap permintaan pasar.

Peran dan Tugas Manajer Operasional

Manajer operasional memainkan peran yang krusial dalam keseluruhan proses operasional sebuah perusahaan. Beberapa tugas pokok mereka meliputi:

  • Perencanaan kuantitas dan kualitas bahan baku
  • Menentukan lokasi gudang persediaan dan peralatan mesin yang efisien untuk menghemat waktu dan mobilisasi.
  • Merencanakan tata letak pabrik untuk memastikan efisiensi operasional.
  • Bertanggungjawab atas pemeliharaan peralatan pabrik untuk menjamin keandalan dan keberlangsungan operasional.
  • Merancang strategi produk yang berkualitas untuk bersaing dengan kompetitor.
  • Menyusun jadwal kerja yang efektif dan efisien dengan mengevaluasi biaya tenaga kerja.
  • Memiliki tanggungjawab penuh atas keberlangsungan hasil produksi, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas produk.

Jenis Keputusan dalam Manajemen Operasional

Dalam aktivitas manajemen operasional, terdapat beberapa jenis keputusan yang harus diambil untuk memastikan kelancaran operasional. Keputusan-keputusan tersebut mencakup:

  • Menentukan karakteristik dan spesifikasi produk.
  • Memilih lokasi yang optimal untuk fasilitas produksi.
  • Menentukan tata letak interior dari fasilitas produksi.
  • Menentukan kapasitas produksi yang sesuai dengan permintaan pasar.
  • Memilih proses produksi yang paling efisien dan efektif.
  • Menentukan tingkat persediaan yang optimal.
  • Menyusun jadwal kerja dan menentukan jumlah tenaga kerja yang diperlukan.

Teknologi dalam Manajemen Operasional

Dalam era modern, teknologi memainkan peran besar dalam mendukung manajemen operasional. Penggunaan teknologi membantu dalam mengotomatisasi proses-produksinya, meningkatkan akurasi, dan memungkinkan manajer operasional untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cepat. Beberapa teknologi yang umumnya digunakan dalam manajemen operasional meliputi:

  • Sistem Informasi Manajemen (SIM)
  • Teknologi Identifikasi Otomatis (Auto-ID)
  • Teknologi Produksi Otomatis (Automation)
  • Perangkat Lunak Manajemen Operasional

Semoga ulasan tentang pengertian manajemen operasional menurut para ahli ini memberikan wawasan yang mendalam tentang manajemen operasional, menggugah pemikiran, dan memberikan landasan bagi praktisi bisnis dan para pemimpin untuk terus meningkatkan kualitas operasional dalam menghadapi dinamika bisnis yang terus berubah.

Baca juga:

Bambang Niko Pasla

A seasoned writer in the fields of industry, business, and technology. Enjoys sports and traveling activities.