14 Pengertian Iklim Organisasi Menurut Ahli
Iklim organisasi adalah suatu kondisi yang dihasilkan dari interaksi antara sistem sosial organisasi dan lingkungan eksternalnya. Iklim organisasi mengacu pada suasana atau atmosfer yang dirasakan oleh anggota organisasi, yang terdiri dari persepsi mereka tentang norma, nilai, prinsip, dan praktik yang berlaku dalam organisasi.
Pengertian Iklim Organisasi Menurut Ahli
berikut ini 14 pengertian iklim organisasi menurut ahlinya, sebagai berikut:
Fred Luthans
“iklim organisasi adalah persepsi subjektif anggota organisasi tentang norma, nilai, dan prinsip yang diakui di dalam organisasi”
Rensis Likert
“iklim organisasi adalah tingkat kesejahteraan kerja yang dirasakan oleh karyawan dalam organisasi”
Keith Davis
“iklim organisasi adalah kualitas suasana kerja yang diterima oleh anggota organisasi”
George Litwin dan Robert Stringer
“iklim organisasi adalah karakteristik persepsi subjektif dari lingkungan kerja yang mempengaruhi sikap dan perilaku karyawan”
Victor Vroom
“iklim organisasi adalah rasa aman, suasana kerja yang memadai, dan iklim kerja yang diterima oleh karyawan”
John Adair
“iklim organisasi adalah suasana kerja yang diterima oleh anggota organisasi dan menunjukkan kualitas dari hubungan antara anggota organisasi”
J. Richard Hackman dan Greg R. Oldham
“iklim organisasi adalah suasana kerja yang mempengaruhi kinerja dan kesejahteraan karyawan”
Edwin A. Locke
“iklim organisasi adalah persepsi subjektif anggota organisasi tentang lingkungan kerja dan mempengaruhi kinerja mereka”
Charles D. Lannon
“iklim organisasi adalah persepsi subjektif tentang kondisi kerja yang diterima oleh anggota organisasi”
Paul Hersey dan Ken Blanchard
“iklim organisasi adalah suasana kerja yang diterima oleh karyawan yang mempengaruhi sikap, perilaku, dan kinerja mereka dalam organisasi”
Michael Beer
“iklim organisasi adalah persepsi anggota organisasi tentang lingkungan kerja yang mempengaruhi sikap dan tindakan mereka”
Daniel Denison
“iklim organisasi adalah suasana kerja yang dihasilkan dari sistem manajemen, struktur, proses, dan praktik organisasi yang mempengaruhi perilaku karyawan”
Mary Jo Hatch
“iklim organisasi adalah persepsi subjektif anggota organisasi tentang norma, nilai, dan prinsip yang diakui di dalam organisasi”
Ulrich & Smallwood
“iklim organisasi adalah persepsi subjektif anggota organisasi tentang kondisi kerja yang mempengaruhi sikap dan perilaku karyawan”
Referensi
Adair, J. E. (1973). Action-centred leadership (pp. 07-084428). New York: McGraw-Hill.
Beer, M., Spector, B. A., Lawrence, P. R., Mills, D. Q., & Walton, R. E. (1984). Managing human assets. Simon and Schuster.
Blanchard, K., Blanchard, K. H., & Muchnick, M. (2003). The leadership pill: The missing ingredient in motivating people today. Simon and Schuster.
Crespín Meza, A. L. (2012). Clima organizacional según la percepción de los docentes de una institución educativa de la Región Callao.
Davis, K. (1973). The case for and against business assumption of social responsibilities. Academy of Management journal, 16(2), 312-322.
Denison, D. R., & Mishra, A. K. (1995). Toward a theory of organizational culture and effectiveness. Organization science, 6(2), 204-223.
Hackman, J. R., & Oldham, G. R. (1975). Development of the job diagnostic survey. Journal of Applied psychology, 60(2), 159.
Hatch, M. J. (1993). The dynamics of organizational culture. Academy of management review, 18(4), 657-693.
Likert, R. (1967). The human organization: its management and values.
Locke, E. A., & Latham, G. P. (1990). A theory of goal setting & task performance. Prentice-Hall, Inc.
Luthans, F., Luthans, B. C., & Luthans, K. W. (2021). Organizational Behavior: An Evidence-Based Approach Fourteenth Edition. IAP.
Ulrich, D., & Smallwood, N. (2013). Leadership sustainability: What’s next for leadership improvement efforts. Leader to Leader, 2013(70), 32-38.
Vroom, V. H. (1964). Work and motivation.